January 10, 2014

Ganja dan Aceh: "Ah, Itu Hal Biasa"

Marijuana (Pic. Bubblews.com, 2014)
Surabaya, CocoNotes - Daerah Istimewa Aceh (DI Aceh) yang juga disebut sebagai Serambi Mekah memang benar-benar merupakan daerah istimewa. Keistimewaan tersebut dilihat dari keistimewaan yang diberikan oleh pemerintah terhadap komitmen Pemerintah Aceh dalam menjalankan syariat Islam dalam sistem pemerintahannya.

Keistimewaan lainnya adalah keistimewaan dalam sejarah heroik Aceh dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. Banyak pahlawan bangsa yang dilahirkan, berjuang, dan terkenang indah di daerah Aceh, seperti Tjut Nya' Dien, Teuku Umar, Tjik Di Tiro, dan lain-lain.

Selain itu, khasanah budaya penuh makna juga tercipta di sana. Tarian Saman, lirik lagu tradisionalnya yang penuh makna dihasilkan dari kreasi indah dan istimewa.

Hal yang juga tidak kalah istimewanya adalah berita dari Aceh tentang penggerebekan tanaman ganja dan produk ganja. Di mana menurut warga di sana dinyatakan sebagai hal yang biasa. Sebagaimana dijelaskan oleh Bapak ICH, seorang dosen salah satu perguruan tinggi swasta di Aceh, yang menyatakan bahwa warga tidak lagi kaget dengan adanya aksi penggerebekan ganja di daerahnya.

Dengan demikian, ketika ada pembakaran kebun ganja di Aceh yang dilakukan oleh aparat maka hal itu sudah menjadi hal yang biasa. Dan, warga hanya akan berkata, "Ah, Itu Hal Biasa".

Terlebih, masih menurut ICH yang merupakan mahasiswa program doktoral kerjasama Universitas Sumatera Utara dengan Universitaas Airlangga tersebut, disebutkan bahwa sudah bukan rahasia lagi bahwa ketika telah memasuki ranah politik, maka setiap sesuatu bisa menjadi tak tik politik dan sindikasi terselubung oleh para sindikat tertentu.

Penangkapan pelaku penanam ganja di hutan dianggap oleh masyarakat sebagai alat politik untuk mengambinghitamkan orang yang ingin ditangkap atau disingkirkan. Berdasarkan pendapat ICH, tanaman ganja atau marijuana (Canabis) itu tumbuh sendiri di hutan di Aceh. Orang yang menjadi kambing hitam itu biasanya adalah lawan politik pihak-pihak yang juga memiliki kekuasaan.

2 komentar:

nina said...

aneh yah , di tempat yang di sebut serambi mekah itu ternyata banyak tanaman ganja .

elis shofiyatin said...

Ndak aneh mbak Nina, menurut salah satu warga, tanaman perdu ini memang tumbuh sendiri di hutan. Hanya saja, krn tujuan tertentu biasanya dilakukan penggerebekan dg mengambinghitamkan pihak2 yg ingin disingkirkan sebagai pelaku ...

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates