January 9, 2014

Persaingan di Tempat Kerja: Bukan Masalah Bagi yang Dewasa


Kerjasama Kelompok dalam Persaingan (Game): Melakukan yang Terbaik secara Fair (Pic. by Aly Sadikin, Lokasi Batu, Malang, 01/01/2014)
Surabaya, CocoNotes - Persaingan di tempat kerja merupakan hal biasa, karena di tempat kerja setiap karyawan ingin menunjukkan potensi dan karya terbaiknya bagi perusahaan. Hal penting yang harus diperhatikan adalah bahwa dalam persaingan tersebut harus dilakukan secara fair dan sehat. Artinya, tidak ada unsur balas membalas, dendam mendendam, dan jatuh menjatuhkan antarkaryawan maupun antardivisi. Karena sesungguhnya, perusahaan, kecil maupun besar, adalah sebuah entitas yang mana setiap elemen di dalamnya saling mendukung.

Divisi pemasaranm misalnya, tidak akan bisa mendorong perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen jika divisi produksi tidak memperbaiki kualitas produk/jasa yang dihasilkan. Demikian pula dengan divisi produksi, tidak akan bisa menghasilkan produk yang berkualitas jika tidak mendapatkan informasi terkait need and want konsumen. Jikalaupun mampu, maka produk/jasa yang disediakan tidak akan mampu menjangkau pasar secara luas dan maksimal, karena tidak ada program komunikasi pemasaran ke konsumen yang efektif.

Demikian pula dengan divisi administrasi dan/atau keuangan, general affairs, public relations (humas), dan departemen sumberdaya manusia, maka kehadiran mereka diperlukan untuk menyokong kelangsungan hidup perusahaan melalui peran dan fungsi masing-masing dalam mengadminstrasi dokumen perusahaan, mengatur anggaran pendapatan dan biaya perusahaan, penyediaan tenaga kerja yang tepat, serta penyusunan sistem manajemen kinerja, manajemen kompensasi, dan sebagainya.

Intinya, perusahaan memang merupakan entity atau kesatuan dari bagian-bagian yang berjalan beriringan, baik manusia-manusia di dalamnya maupun material yang bersifat tetap (fixed asset) maupun tidak tetap.

Oleh karena itu, persaingan di tempat kerja bukan masalah yang harus dihindari, tetapi disikapi secara dewasa agar persaingan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan fair. Dengan demikian, persaingan di tempat kerja tersebut akan memupuk dan menumbuhkembangkan kreasi, inovasi, potensi, dan kompetensi karyawan/departemen di perusahaan. Dan, bukan berakhir pada kericuhan dan permusuhan.

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates