Beli Roti atau Beli Apartemen Bos? Rame Banget

Surabaya, CocoNotes - Padatnya pengunjung event pemilihan unit Westown View yang diselenggarakan di Grand City Ballroom Level 4 dan Diamond...

Rental Surabaya

October 30, 2012

Motivasi Usaha - Pendorong Tumbuh Kembang Jiwa Wirausaha

Fakta bahwa jiwa wirausaha di Indonesia masih lemah ditunjukkan dari masih banyaknya angka pengangguran di Indonesia, terutama pengangguran terbuka pada penduduk yang mengenyam Pendidikan Tinggi. Logikanya, setelah mengenyam pendidikan tinggi, maka jiwa wirausaha mereka akan lebih terasah karena kognisi usaha yang makin berkembang seiring dengan makin tingginya jenjang pendidikan, sehingga kreativitas dan daya inventifnya juga makin tajam. Lihat saja fakta pengangguran penduduk berpendidikan tinggi dari tahun 2004-2010 di Indonesia berikut:

Pengangguran terbuka lulusan Perguruan Tinggi

Sebenarnya apa sih yang diperlukan untuk mendorong tumbuh kembang jiwa wirausaha? Selain modal, latar belakang keluarga, dan kepribadian individu, maka motivasi usaha yang kuat tertanam dalam jiwa individu merupakan syarat yang harus ada. Jika dalam diri individu tidak ada motivasi usaha, maka motivasi yang ada adalah motivasi menjadi pegawai (kerja rutin, pergi pagi pulang sore, gajian tiap bulan, terima THR tiap tahun, terima tunjangan dan fasilitas kerja, memakai seragam kerja yang keren, dapat asuransi, jaminan hari tua, dan rutinitas lain yang tidak terlalu menantang). 
Sebenarnya, pengertian motivasi usaha itu apa sih? Motivasi adalah suatu dorongan dari dalam diri seseorang yang mendorong orang tersebut untuk melakukan sesuatu, termasuk menjadi young entrepreneur (Sarosa, 2005). Kebanyakan orang yang berhasil di dunia ini mempunyai motivasi yang kuat yang mendorong tindakan-tindakan mereka. Mereka mengetahui dengan baik apa yang menjadi motivasinya dan memelihara motivasi tersebut dalam setiap tindakannya.
Baum dkk (2007) menjelaskan bahwa:
Motivasi dalam kewirausahaan meliputi motivasi yang diarahkan untuk mencapai tujuan kewirausahan, seperti tujuan yang melibatkan pengenalan dan eksploitasi terhadap peluang bisnis. Motivasi untuk mengembangkan usaha baru diperlukan bukan hanya oleh rasa percaya diri dalam hal kemampuannya untuk berhasil, namun juga oleh kemampuannya dalam mengakses informasi mengenai peluang kewirausahaan. Dalam istilah yang lebih sempit, teori expectancy mengungkapkan bahwa informasi yang spesifik dan periodik mengenai peluang kewirausahaan mungkin meningkatkan harapan individu bahwa upaya kewirausahaan akan memberikan hasil, dengan demikian akan meningkatkan motivasi. 
Ada lima kategori teori motivasi yaitu kebutuhan (needs), penguatan (reinforcement), keadilan (equity), harapan (expectancy), dan tujuan (goal). Dari kelima teori tersebut maka teori expectancy dan teori goal merupakan model teori yang paling berguna dalam memahami motivasi kewirausahaan. Dalam teori expectancy tersedia kerangka kerja untuk memahami mengapa dan bagaimana beberapa orang memilih untuk menjadi wirausahawan dan mengungkapkan bahwa serangkaian outcome dari wirusahawan dalah lebih kompleks dan sebagian lainnya memiliki kemungkinan lebih kecil dibandingkan dengan yang lain. 
Dalam menjelaskan relevansi teori expectancy maka diungkapkan bahwa wirausahawan mungkin saja tertarik pada situasi ketidakpastian yang tinggi atau dapat membuat pilihan ketika mereka menghadapi pilihan yang meragukan, karena jika dibandingkan dengan pra manajer pada bisnis yang telah mapan, maka wirausahawan lebiih toleran dengan ketidakpastian. Sedangkan proposisi mendasar dari teori goal adalah bahwa tujuan yang menantang secara khusus (memberikan komitmen, umpan balik, dn pengetahuan yang memadai) akan menghasilkan kinerja yang tinggi. Dengan demikian, teori goal menawarkan penjelasan yang lebih bersifat langsung dengan motivasi kewirausahan dibandingkan dengan teori expectancy, yang mengungkapkan bahwa wirausahawan menyusun tujuan kewirausahan yang lebih tinggi divandingkan dengan orang-orang yang tidak memulai usaha. 
Goal theory merupakan teori yang dapat diuji dalam memprediksi kinerja kewirausahaan. Dalam hal ini, wirausahawan yang memiliki tujuan yang lebih tinggi akan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menjadikan organisasi lebih mampu bertahan dan mampu tumbuh lebih besar dibandingkan dengan wirausahawan yang memiliki tujuan yang lebih rendah. 
Tapi, motivasi usaha yang seperti apa sih yang harus dimiliki oleh individu agar menjadi wirausaha yang tangguh. Jawabannya lanjut di SINI ya ......

Referensi:
Sarosa, Pietra. (2005). Becoming young entrepreneur: dream big start small, act now!: panduan praktis & motivasioanl bagi kaum muda dan mahasiswa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Baum, J. Robert, Michael Frese, dan Robert A. Baron. (2007). The psychology of entrepreneurship. London: Routledge.  

18 comments:

  1. MEMILIH USAHA YANG IDEAL

    Dalam memilih usaha ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
    BUKAN USAHA TREND ATAU MUSIMAN.
    USAHA KEBUTUHAN POKOK MANUSIA.dari pengalaman yang ada bahwa usaha seperti ini prospeknya lebih baik dan jangka panjang.
    MODAL.untuk pemula lebih baik usaha yang membutuhkan modal yang tidak terlalu besar.
    RESIKO.Dengan modal yang kecil pasti dong resikonya juga kecil.
    POLA KERJA.sebaiknya cari usaha yang pola kerjanya tidak terlalu ribet seperti usaha makanan yang pagi-pagi harus belanja,masak,menjajakan,merapikan dagangan dll.
    POTENSI PENGHASILAN.dengan usaha kebutuhan manusia berarti petensi penghasilan kita terus menerus nggak ada abisnya kecuali manusia sudah musnah hehe,,,,,,
    USAHA PEMBUATAN DETERGEN ADALAH JAWABANNYA.
    www.kursusbikindetergen.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Hello there, You've done a great job. I'll definitely digg
    it and personally suggest to my friends. I'm sure they'll be benefited from this site.
    My site ; Gambling

    ReplyDelete
  3. Good info. Lucky me I discovered your site by chance (stumbleupon).
    I have saved it for later!

    my page ... cape coral mma

    ReplyDelete
  4. Yes! Finally something about audience response keypads.


    Feel free to surf to my webpage ... tips buying perfume

    ReplyDelete
  5. Hello Dear, are you really visiting this website regularly, if
    so afterward you will definitely obtain fastidious
    knowledge.

    My web blog: speeding ticket lawyer

    ReplyDelete
  6. Hello, always i used to check webpage posts here in the early hours in
    the morning, because i like to gain knowledge of more
    and more.

    Look into my web blog - speeding ticket

    ReplyDelete
  7. We are a gaggle of volunteers and opening a brand new scheme in our community.
    Your web site offered us with valuable info to work on.
    You've performed an impressive activity and our entire neighborhood shall be thankful to you.

    Check out my webpage - http://www.pissingpussies.org/

    ReplyDelete
  8. Good information. Lucky me I recently found your site by accident (stumbleupon).
    I've book-marked it for later!

    Here is my blog post - free black porno

    ReplyDelete
  9. Hello i am kavin, its my first occasion to commenting
    anywhere, when i read this post i thought i could also
    make comment due to this sensible post.

    my web-site; sexygirlchat

    ReplyDelete
  10. I read this post completely about the resemblance of hottest and previous technologies, it's amazing article.

    my blog post: www.sexyhotgirlz.com

    ReplyDelete
  11. Greetings, I do think your web site could possibly
    be having web browser compatibility problems. Whenever I take a look at your blog in
    Safari, it looks fine but when opening in I.E.
    , it's got some overlapping issues. I just wanted to provide you with a quick heads up! Other than that, great website!

    Also visit my homepage :: hotgirlsexcam.com

    ReplyDelete
  12. It is appropriate time to make some plans for the future
    and it is time to be happy. I've read this post and if I could I wish to suggest you some interesting things or advice. Perhaps you can write next articles referring to this article. I desire to read more things about it!

    Also visit my site free hidden cam porn

    ReplyDelete
  13. Yang paling utama dalam berbisnis adalah keberanian untuk memulai. Tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan kita, jangan mengandalkan 100 % modal dari pinjaman,walaupun modal sendiripun harus disisihkan sebagian untuk cadangan,untk jaga2 kalau gagal masih punya kesempatan untuk mencoba lagi.

    salam
    Melati Cosmetik,Wongkuto kaos khas Semarang

    ReplyDelete
  14. yang penting niat yang kuat dan kepercayaan diri saya yakin usaha yang kita jalankan akan maju, dan berdoa agar kita dimurahkan rejeki oleh allah

    ReplyDelete
  15. If you wish for to take much from this paragraph then you have to apply these techniques to your won
    blog.

    Check out my web site; junk collection

    ReplyDelete
  16. Yap pengusaha bertanggung jawab pada pekerjaan dan bisnisnya sendiri. Maka, sesuatu yang harus ada dalam diri setiap pengusaha atau pebisnis adalah motivasi. Tidak cukup sampai disitu, ia juga harus meningkatkan dan mengembangkan motivasi tersebut kepada para karyawan mengingat zaman yang juga terus meningkat dan berkembang

    www.prodonesia.com

    ReplyDelete
  17. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda? Kita
    memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    ReplyDelete

CocoGress