Beli Roti atau Beli Apartemen Bos? Rame Banget

Surabaya, CocoNotes - Padatnya pengunjung event pemilihan unit Westown View yang diselenggarakan di Grand City Ballroom Level 4 dan Diamond...

Rental Surabaya

October 3, 2012

Mengapa Upah Buruh Indonesia Murah?


Demo Buruh Tuntut UMR Regional -- Demo buruh menuntut kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) telah menjadi wacana yang terus mengalir di Indonesia. Dari waktu ke waktu, masalah UMR memang menjadi pokok masalah tuntutan buruh. Pada tanggal 3 Oktober 2012, para buruh kembali melakukan demo di berbagai titik dalam kota hampir di seluruh Indonesia. Mulai demo buruh Bekasi, Padang, Surabaya, Makassar, dan di wilayah lain bergerak serentak menyampaikan tuntutan kepada Pemerintah. Demo buruh hari ini didukung oleh Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dengan mengajukan 3 tuntutan kepada pemerintah, yaitu: 
  • Penghapusan upah murah. Indonesia selama ini menganut Upah Murah, yaitu masih di bawah upah minimum standar yaitu US$250. Di Bekasi misalnya, para buruh menyatakan bahwa upah minimum yang diterima para buruh saat ini masih dalam kisaran Rp. 1.750.000. Berdasarkan Keputusan Dewan Pengupahan Nasional, serta Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi ditetapkan bahwa pemerintah akan menambah  empat komponen kebutuhan hidup layak (KHL) bagi perhitungan upah minimum regional buruh tahun 2012, sehingga UMR tahun 2013 diperkirakan hanya  bertambah sekitar Rp  15.000- Rp 20.000. Besaran upah minimum tersebut tidak layak jika diberlakukan di Indonesia, karena Indonesia merupakan negara kaya dengan Produk Domestik Bruto (PDB) nomor 17 di dunia. Namun,  rata-rata  UMR Indonesia hanya 120 dollar Amerika Serikat per bulan. Upah sebesar itu  sangat rendah di dunia atau nomor 68 dari 190 negara. Ini  berarti pemerintah dan pengusaha Indonesia selama 30 tahun  menganut kebijakan upah murah yang selamanya akan  memiskinkan buruh (Kompas.com, "Tahun 2013, UMR Cuma Bertambah Rp 20.000", Minggu, 1 Juli 2012).
  • Pemberlakuan jaminan kesehatan tanpa kecuali, termasuk bagi tenaga outsourcing.
  • Penghapusan tenaga kerja outsourcing.Tenaga kerja outsourcing menimbulkan ketidakpastian bagi tenaga kerja.
Lantas, kenapa upah minimum para buruh tersebut sedemikian rendah? Jika dilihat kilas baliknya, negara Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan tenaga kerja murah. Murahnya tenaga kerja Indonesia ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak perusahaan asing yang membuka perusahaan di Indonesia. Bukankah dalam studi kelayakan bisnis, kemudahan dan kemurahan memperoleh tenaga kerja merupakan salah satu pertimbangan layak tidaknya bisnis dijalankan.
Nah, pertanyaan selanjutnya adalah mengapa tenaga kerja Indonesia diberi  upah murah?  Bisa jadi ini berhubungan dengan teori supply and demand. Jika persediaan tenaga kerja di pasar kerja berada dalam jumlah besar, sementara permintaan tetap atau lebih rendah daripada persediaan di pasar, maka harga tenaga kerja akan menurun. Demikian pula sebaliknya. Nah lo. Fakta dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa:
  • Jika dibandingkan dengan keadaan Februari 2011, jumlah penduduk yang bekerja pada Agustus 2011 mengalami kenaikan terutama di Sektor Industri sebesar 840 ribu orang (6,13 persen). 
  • Dari 109,7 juta orang yang bekerja pada Agustus 2011, status pekerjaan utama yang terbanyak sebagai buruh/karyawan sebesar 37,8 juta orang (34,44 persen), diikuti berusaha dibantu buruh tidak tetap sebesar 19,7 juta orang (17,93 persen), dan berusaha sendiri sejumlah 19,4 juta orang (17,70 persen). Sedangkan status pekerjaan utama yang terkecil adalah berusaha dibantu buruh tetap sebesar 3,7 juta orang (3,39 persen). 
  • Pada Agustus 2011, pekerja pada jenjang pendidikan SD ke bawah masih mendominasi yaitu sekitar 54,2 juta orang (49,40 persen), sedangkan jumlah pekerja dengan pendidikan tinggi masih relatif kecil. Pekerja dengan pendidikan Diploma hanya sekitar 3,2 juta orang (2,89 persen) dan pekerja dengan pendidikan Sarjana hanya sebesar 5,6 juta orang (5,15 persen). 
  • Penyerapan tenaga kerja dalam enam bulan terakhir (Februari 2011–Agustus 2011) masih didominasi oleh mereka yang berpendidikan rendah. 
  • Penduduk yang dianggap sebagai pekerja penuh waktu (full time worker), yaitu pekerja pada kelompok 35 jam keatas jumlahnya mencapai 75,1 juta orang (68,46 persen). 
  • Pekerja dengan jumlah jam kerja kurang dari 8 jam perminggu porsinya relatif kecil yaitu hanya 1,4 juta orang atau sekitar 1,31 persen dari total penduduk yang bekerja (109,7 juta orang). 
Nah, fakta di atas menunjukkan bahwa selain lebih tingginya persediaan tenaga kerja dibandingkan permintaan, maka kebanyakan tenaga kerja Indonesia masih berposisi di bagian tenaga kerja buruh dengan mayoritas pendidikan setingkat Sekolah Dasar ke bawah (artinya...........? di bawah SD adalah Taman Kanak-kanak dan Playgroup.......... atau bahkan memang tidak mengenyam pendidikan).

Sumber gambar: Kompas.com

52 comments:

  1. umr tak sbnding hrg brg di indonesia.klau pmrinth bs mnekan hrg n mngontrol hrg brg,rkyt akn sjahtera. Dan sy mrasa undg2 hrg bhn pkok di indonesia itu gk brfungsi/mmg gk da undg2 yg mengatur ny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita ini negara agraris, kalo harga bahan pokok di tekan, kapan petani bisa berpenghasilan tinggi? Yg ada pemerintah proteksi harga bahan pokok, bukan menekan. UMR harusnya masih cover kebutuhan, kalau jaminan kesehatan sudah gratis.

      Delete
    2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
      syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






      Delete
  2. Kalau hasil pertanian diberi harga yang layak, masyarakat juga tidak akan lari dari sektor pertanian dan berangkat ke kota untuk menjadi buruh di kawasan industri. Data BPS Agustus 2011, mengungkapkan adanya kenaikan jumlah penduduk yang bekerja di Sektor Industri sebesar 840 ribu orang (6,13 persen) dan Sektor Konstruksi sebesar 750 ribu orang (13,42 persen). Sedangkan sektor-sektor yang mengalami penurunan adalah Sektor Pertanian sebesar 3,1 juta orang (7,42 persen) dan Sektor Transportasi, Pergudangan dan komunikasi sekitar 500 ribu orang (8,96 persen), dan Sektor Jasa Kemasyarakatan sebesar 370 ribu orang (2,17 persen).

    Masalahnya, berkaitan dengan posisi petani, maka negara kita masih mengimpor komoditas yang seharusnya bisa dihasilkan di negeri sendiri, karena imppor itu 'menggiurkan' bagi pelaku dan birokrasi, tapi melemaskan petani.

    ReplyDelete
  3. Itulah INDONESIA padahal kekayaan kita melimpah ruah yang seharusnya rakyatnya makmur sentosa malah begini...ckckckckck..salut bang sama artikel abang.

    ReplyDelete
  4. Perubahan ke arah lebih baik sudah terlihat, tapi masih ada oknum2 yg gak mau negara qta maju. Dana untuk kemajuan pertanian masih sangat kurang, tidak ada dana pembinaan, jadi kalo bantuan kayak traktor datang, tidak dibarengi dg biaya maintenance, malah diminain fee proyek. Prof. pertanian indonesia, paling banyak di dunia, tapi komoditi unggulan sangat sedikit. Subsidi bbm harusnya dikurangi, biar alokasi ke bid pertanian lebih besar, tapi dibarengi dg pengawasan ketat, biar gak dikorupsi lagi

    ReplyDelete
  5. @Icah Banjarmasin: just share info hehehh... semoga memberi manfaat untuk Indonesia Kita

    ReplyDelete
  6. @ Bang Ieyos: Oke tu bang, sebenarnya sebagai negara agraris, memakmurkan negara ini bisa dimulai dari memakmurkan petani. Karena sebenarnya petani adalah sosok yang paling independen. Melalui pertanian, masyarakat bisa memenuhi ragam kebutuhan hidup bangsa. Jadi, kalau pertanian sudah di underestimate kan, masyarakat juga yang kena dampaknya. Terkait dengan keliaran oknum yang tidak mendukung, itu mungkin bisa dimulai dari 'forum suara petani' yang mana forum tersebut harus independen juga, jadi ketika ada yang menyeleweng akan segera ketahuan....

    ReplyDelete
  7. Kita di indo ini aneh, petani itu miskin, kalo di jepang amerika dan eropa, kalo petani itu orang kaya.

    ReplyDelete
  8. Semoga Kesejahteraan Para Buruh Semakin Tinggi !

    ReplyDelete
  9. @ Ieyos: hehehehhh..... karena di negeri Ini banyak yang menjadi petani, sehingga banyak produk pertanian berlimpah. Saat itu kelompok petani masih menjadi kelompok terpandang. Semua bisa didapat secara gratis. Seiring berjalannya waktu, anak-anak petani disekolahkan tinggi-tinggi dan mulai mengenal kawasan industri. Karena mereka terbiasa menggunakan produk pertanian secara gratis di masa kecil mereka, maka saat mereka bergerak di bidang industri pun menganggap 'enteng' sektor pertanian, tanpa disadari bahwa tanpa produk-produk dari bumi, mereka tidak bisa bergerak. Akhirnya hasil pertanian menjadi kurang terapresiasi.
    Di negara-negara Industri, mereka membutuhkan banyak produk mentah untuk diolah kembali di kawasan industri mereka, sehingga mereka membutuhkan produk2 pertanian, karena itu ada apresiasi bagi kelompok pertanian dan peternakan, serta kemauan untuk inovasi di bidang pertanian dan peternakan selalu dilakukan.
    Sometimes and even often, scarcity can increase creativity.

    ReplyDelete
  10. Tuntutan Adanya Perubahan Kearah Yg Lebih Baik Memang Harus Terus Dilakukan Oleh para Buruh,Untuk Sedikit Memberi Tekanan atau Sekedar Mengingatkan PEMERINTAH & Perangkat/ Instansi yg Bertanggung Jawab Dialamnya agar Betul" Bekerja Untuk Menghasilkan Produk Hukum/Aturan /Undang Undang Yg juga menguntungkan bagi Kaum Buruh untuk Kesejahteraan Hidupnya,Bukan hanya Menguntungkan Kaum Kapitalis Semata...!!

    ReplyDelete
  11. pemerintah indo memang bodoh, liat saja banyak perusahaan asing membuka perusahaan di indonesia tapi di biarkan saja, mnk nya indo itu gak bisa ya bergerak sndiri atau memanfaatkan negrinya sndri, padahal indonesia itu negara terkaya di dunia, sampe smua negara itu tertuju pada indonesia, karna pya segala nya ... lama-lama bisa abis lahan indonesia, di manfaat kan negara asing.
    dengar2 pertambangan emas / batubara di indo ajh sudah jadi milik negara asing

    ReplyDelete
  12. sebenarnya pengusaha bisa saja menuruti kemauan buruh. akan tetapi perlu juga dilihat bahwa di indonesia itu byk pungli dan birokrasinya amat sangat ruwet yg menghabiskan uang yg tdk sedikit. jadi mau naikkan gaji anggaran uang udah disedot buat sektor pungli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saatnya masyarakat juga korektif aktif terhadap situasi masyarakat, karena bagiamanapun buruh adalah juga bagian dari masyarakat yang harus difasilitasi peningkatan kesejahteraannya........

      Delete
  13. sebenarnya pengusaha bisa saja menuruti kemauan buruh. akan tetapi perlu juga dilihat bahwa di indonesia itu byk pungli dan birokrasinya amat sangat ruwet yg menghabiskan uang yg tdk sedikit. jadi mau naikkan gaji anggaran uang udah disedot buat sektor pungli

    ReplyDelete
  14. semua butuh kesejahteraan. Jangan saling memanfaatkan.

    ReplyDelete
  15. I truly love your website.. Pleasant colors & theme.
    Did you develop this site yourself? Please reply back as I'm attempting to create my very own website and want to find out where you got this from or exactly what the theme is named. Thanks!

    Feel free to surf to my blog; pilgrim jewellery stockists

    ReplyDelete
  16. Basically tips. It may help me in how you can grow my business online.


    My blog post :: vote4u.org.uk

    ReplyDelete
  17. Sir, pls deliver that video to my email I.D. It will certainly be aid ful 2 make pcb simple.

    Thankyou.

    Feel free to surf to my web-site :: http://instantfrontline.com

    ReplyDelete
  18. Many thanks for this terrific pointers, Erika. I have been utilizing a printer
    and this article is very useful.

    Look at my website - xerox phaser 8560 Maintenance kit

    ReplyDelete
  19. I would value it significantly if you would certainly send me an e-mail content of Make PCB using a laser
    printer. Also, if available, I would certainly such as to have any of
    the write-up stated in your article. Thank you !!

    Feel free to visit my web-site xerox phaser 8560mfp d

    ReplyDelete
  20. Remarkable. This received my Lexmark e210 working.
    It is always an obstacle in Windows to get this printer working,
    this is the 3rd motorist I've needed to utilize over the years.

    Feel free to visit my web site ... xerox phaser 8560 driver

    ReplyDelete
  21. Fastidious answers in return of this query with solid arguments and telling all
    about that.

    my web page; xerox phaser 8560n driver

    ReplyDelete
  22. I should downloads printer driver for Hp Laserjet 1020.



    Feel free to surf to my web blog ... www.hg-nic.com

    ReplyDelete
  23. greetings,
    we are attempting to publish some buisiness cards with thermosensitive ink that would react with the heat.


    Also visit my homepage ... xerox phaser 8560mfp

    ReplyDelete
  24. This works a surprise !!, I am glad I located your post!
    My ML-1210 is still chugging along with Home windows 8 now.
    Many thanks.

    Review my web page :: xerox phaser 8560 driver

    ReplyDelete
  25. I adore the Bird using a Scroll earrings, and also the Scroll and
    Heart earrings:-)

    Take a look at my weblog :: danon jewellery ltd

    ReplyDelete
  26. Hi Chotipat,
    I would request you please update the Sony
    2012 models and price list. In the mean time please share the
    price of Sony LED 40? KDL-40EX720 & Sony LED 40? KDL-40HX750?


    Regards & Thanks in advance

    My website: http://www.lg42ls5600.co.uk/

    ReplyDelete
  27. You're welcome! Thanks!


    Also visit my homepage - silver jewellery usa

    ReplyDelete
  28. i like the crossover bracelet

    Visit my homepage danon Jewellery wholesale

    ReplyDelete
  29. Everyone loves it whenever people come together and share opinions.
    Great blog, stick with it!

    Feel free to visit my web-site - Private Cloud Computing

    ReplyDelete
  30. Those are cute! i'd like one to do along with my daughter!

    Take a look at my web page ... w.talkreviews.com.au--w.talkreviews.com.au

    ReplyDelete
  31. I don't know whether or not it's jus

    Also visit my homepage - www.etourism-fitness.com

    ReplyDelete
  32. Very soon this web page will be famous amid all blogging
    and site-building people, due to it's nice articles or reviews

    My web site: pilgrim Jewellery online

    ReplyDelete
  33. I'm really impressed with your writing skills and also with the layout on your weblog. Is this a paid theme or did you customize it yourself? Either way keep up the nice quality writing, it is rare to see a great blog like this one today.

    Here is my weblog ... xerox 8560 manual

    ReplyDelete
  34. Love the Africa Map pendant!

    Here is my web site :: silver jewellery designs

    ReplyDelete
  35. OUTSTANDING! THANKS !!!

    My web blog: xerox phaser 8560 printer

    ReplyDelete
  36. extremely helpful short article. especially for ones that don't publish pictures however only use the computer as a word processing program, which is a huge variety.

    Review my web page; xerox phaser 8560 driver

    ReplyDelete
  37. I'm french, it's a wonderful remedy, many thanks!



    Have a look at my site: Xerox phaser 8560dn

    ReplyDelete
  38. how would you stop spam...

    Also visit my page - ,cheap designer earrings [teamgeorgiawrestling.com]

    ReplyDelete
  39. From Matthew's Gospel: "Where your treasure is, there appears to your heart be also."

    my blog post danon jewellery online

    ReplyDelete
  40. What's Taking place i am new to this, I stumbled upon this I have found It positively helpful and it has aided me out loads. I am hoping to contribute & help other users like its helped me. Great job.

    my webpage - sign up for google account (www.krudy-nyh.sulinet.hu)

    ReplyDelete
  41. Great website you have here but I was curious if you knew of any discussion boards that cover the same topics talked about in this article?
    I'd really like to be a part of online community where I can get suggestions from other experienced individuals that share the same interest. If you have any suggestions, please let me know. Thank you!

    Feel free to surf to my web page: xerox 8560 cyan

    ReplyDelete
  42. free of charge download vista motorist.

    Also visit my web blog ... xerox phaser 8560 drivers -
    -

    ReplyDelete
  43. I'm impressed, I must say. Seldom do I encounter a blog that's equally educative and engaging,
    and without a doubt, you have hit the nail on the head.
    The issue is something that too few men
    and women are speaking intelligently about. I'm very happy I stumbled across this in my hunt for something concerning this.

    Feel free to surf to my blog: LG 42LS5600 LED TV

    ReplyDelete
  44. Hi, I desire to subscribe for this website to obtain hottest updates, thus where can
    i do it please help out.

    My web-site: xerox 8560 ink

    ReplyDelete
  45. It's feasible, although I have actually just had it happen with black. Maybe that the cyan toner cartridge is faulty, it may be tight.

    Feel free to visit my blog :: xerox phaser 8560 driver

    ReplyDelete
  46. Ways to Download hp laserjet 1020 driver for windows 7 from
    net?

    my webpage - Xerox Phaser 8560 Driver (Mystorybymimieazura.Blogspot.Co.Uk)

    ReplyDelete
  47. Hi there mates, nice paragraph and nice urging commented at this place, I
    am actually enjoying by these.

    Here is my web site xerox 8560 printer

    ReplyDelete
  48. Extremely beneficial details, I have actually constantly
    chosen laser printers due to the fact that they are
    less expensive to utilize, once you make the initial investment.
    Toner cartrages are much more pricey yet last longer than most individuals several inkjet cartrages
    and are much less untidy to utilize. You can set your laser printer
    to print in grayscale and use less of the color toner,
    I only use colour when printing pictures.

    My web-site :: Xerox Phaser 8560Mfp Ink

    ReplyDelete

CocoGress