October 2, 2012

Obat Herbal Tradisional yang Go Internasional

Obat tradisional yang diolah dari tanaman obat asli Indonesia mulai unjuk gigi di pasar Internasional. Saat melihat iklan tolak angin Sido Muncul, di mana menunjukkan ragam outlet di Malaysia, Arab, dan beberapa outlet di negara lain menunjukkan bahwa obat tradisional Indonesia telah mampu merambah ranah pasar Internasional. Dan memang, PT Sido Muncul yang beranjak besar dari sebuah home industry ini telah melebarkan sayap bisnis bukan hanya di Indonesia tetapi hingga ke negara-negara maju di Asia, Australia dan Eropa. Lirikan mata pasar Sido Muncul pun terus menyasar negara-negara China, Asia Tenggara, Rusia, dan Afrika Selatan, Kambodja, dan Thailand. Yupps, .... ternyata bukan hanya produk mobil yang mampu melintas batas negara, tetapi obat tradisional yang selama ini lebih banyak digunakan oleh kalangan bawah telah disulap menjadi produk Indonesia yang handal, sehingga mampu diterima pasar Internasional.
Kemampuan produk herbal dalam menjangkau pasar Internasional ini tidak lepas dari makin sadarnya manusia untuk kembali ke alam (Back to Nature). Yupps...Penggunaan obat tradisional saat ini memang tengah mengalami perkembangan. Dewasa ini, masyarakat di negara maju mulai beralih pada pengobatan tradisional. Salah satu alasan peralihan penggunaan obat tradisional adalah karena obat-obatan tradisional menggunakan bahan alami (herbal), tidak seperti obat sintetik yang mengandung bahan kimia. Selain itu, masyarakat juga semakin khawatir terhadap dampak negatif yang ditimbulkan jika sering mengkonsumsi obat-obat sintetik, sehingga ramai-ramai kembali ke alam (back to nature). Lebih lanjut dikatakan, obat-obatan tradisional memang berkhasiat bagi kesehatan dan kini digencarkan penggunaannnya karena lebih mudah terjangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya. Kini bentuk obat tradisional juga sudah banyak dijual di pasaran dalam bentuk kapsul, serbuk, cair, simplisia (obat yang masih dalam bentuk aslinya), dan tablet (“Obat Tradisional Makin Diminati di Negara Maju”, Kompas.com, 10 November 2009).
Sebelumnya, pada tahun 2009, minyak Tawon yang diproduksi di Makassar, Sulawesi Selatan juga telah diekspor ke Negara Inggris. Pada tahun 2012, PT Martina Berto bahkan membuka pabrik obat tradisional untuk kebutuhan ekspor di Desa Sukaresmi, Kecamatan Cibarusah, Cikarang Selatan. Nah lo, di era globalisasi ini peluang memasuki pasar internasional bagi pengusaha Indonesia memang menjadi semakin mudah, karena di era internet ini pengusaha lebih mudah melakukan promosi usahanya melalui direktori bisnis indonesia yang banyak memberikan keuntungan kepada pengusaha. Selain itu, para pengusaha juga bisa lebih leluasa membangun website untuk mengkomunikasikan produknya hingga tanpa batas.

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates