November 7, 2013

Di Balik Nama Besar Kebun Binatang Surabaya

Peta Lokasi di Kebun Binatang Surabaya (doc. Pribadi)
Surabaya, CocoNotes - Kebun Binatang Surabaya merupakan salah satu kebun binatang yang sudah melegenda dalam kehidupan masyarakat Surabaya, bahkan di Jawa Timur dan di Indonesia. Kebun Binatang Surabaya juga pernah menjadi kebun binatang terbesar di Asia Tenggara dengan koleksi binatang yang terlengkap. Masyarakat Indonesia yang berkunjung ke Surabaya serasa belum lengkap jika belum singgah di Kebun Binatang Surabaya.

dua binatang di Bonbin yang tengah Bercengkerama (doc. Pribadi, pic by CocoNotes)
Selain tempat mengoleksi ragam binatang, Kebun Binatang Surabaya juga menjadi salah satu ruang terbuka hijau di Kota Surabaya. Banyak pepohonan yang ditanam di sana sehingga membantu penyegaran udara di Kota Surabaya. Sayangnya, saat ini kondisi Kebun Binatang Surabaya cenderung memprihatinkan. Banyak binatang koleksi yang mati akibat salah makan, kurang pemeliharaan, dan ketidaksesuaian cuaca.
Pepohonan di kebun Binatang Surabaya - Banyak yang meranggas (doc. Pribadi, pic by CocoNotes)
Selain itu, kondisi kebun binatang juga kurang menarik akibat bau binatang dan kurang terawatnya beberapa fasilitas, seperti toilet dan taman bermain. Pepohonan pun ada yang terlihat mengering. Tempat duduk yang kurang terjaga kebersihannya. 
Dengan semakin banyaknya tempat wisata yang lebih menarik sehingga pengunjung mulai meninggalkan Kebun binatang Surabaya dan lebih senang mengunjungi lokasi yang lebih menarik, seperti kebun bibit, taman prestasi, mal-mal, serta area bermain lainnya yang ada di Surabaya. Fenomena yang tidak disadari oleh pengelola kebun binatang adalah bahwa masyarakat telah mengalami perubahan pola rekreasinya. Masyarakat sudah tidak lagi hanya tertarik melihat tingkah laku binatang dengan informasi yang kurang memadai. Situasi kebun binatang yang terlihat kurang terurus dan kurang menfasilitasi perubahan pola rekreasi masyarakat tersebut berdampak pada berkurangnya minat masyarakat untuk mengunjungi Kebun binatang Surabaya.
Menara - dari Sana bisa Melihat Kota Surabaya (doc. Pribadi, pic by CocoNotes)
Wisata Air yang masih Bisa Dimaksimalkan (doc. Pribadi, pic by CocoNotes)
Toilet di Salah Satu Sudutnya (doc. Pribadi, pic by CocoNotes)
Arena Bermain yang Sepi Pengunjung (doc. Pribadi, pic by CocoNotes)
Hari Minggu Pun Sepi Pengunjung (doc. Pribadi, pic by CocoNotes)
Mungkin sudah saatnya untuk mengembalikan nama besar Kebun Binatang Surabaya, dan bukan menambahnya dengan isu penggusuran Kebun Binatang untuk dijadikan Mal atau barisan apartemen mewah, karena Kebun Binatang Surabaya telah menjadi bagian dari kehidupan Kota Surabaya dan bahkan masyarakat Jawa Timur, yang bisa menjadi wahana bagi generasi mendatang untuk menghargai alam dan sejarahnya, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya ........

2 komentar:

Kata Motivasi said...

Berangkat Bersama Menuju Kesuksesan yang bisa diraih dengan iman yang kuat Kata Motivasi Izin Mampir ya gan

agi said...

Ada berita gembira yg terkait dengan keberlangsungan Kebun Binantang Surabaya ini. Terungkap dalam website iyaa.com kalau Lembaga konservasi dan kebun binatang di Amerika Serikat tertarik membantu Kebun Binatang Surabaya. Ketertarikan ini diungkapkan Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya kepada Wali Kota Tri Rismaharini.

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates