Beli Roti atau Beli Apartemen Bos? Rame Banget

Surabaya, CocoNotes - Padatnya pengunjung event pemilihan unit Westown View yang diselenggarakan di Grand City Ballroom Level 4 dan Diamond...

Rental Surabaya

September 29, 2012

Google Insights for Search dan Google Trends Redesigned

New! Google Trends and Google Insights for Search have been redesigned and merged into a single powerful tool. Begitulah kata Google saat saya membuka google insights. Awalnya saya kaget, la wong saya kan membuka google insights, la kok yang muncul Google trends. Jadinya saya tutup lagi. Dan saya kembali menulis di Google search dengan kata kunci Google Insights, tetapi sekali lagi yang muncul adalah Google Trends. Beruntung mata saya menangkap kalimat di bawah tulisan Google Trends, ya itu tadi: "New! Google Trends and Google Insights for Search have been redesigned and merged into a single powerful tool". Hehehehh....


Saya pun mencoba memasukkan kata 'lowongan kerja', asal saja sih. dan muncullah grafik dan peta yang menunjukkan bagaimana fluktuasi pencarian lowongan kerja di Google Search selama periode dari 2004-present di seluruh dunia. Selanjutnya saya mencoba-coba lagi dengan memasukkan 'lowongan cpns' dan memilih lokasi hanya dibatasi di Indonesia pada periode tertentu. Nah muncullah grafik batang dan grafik garis yang memperlihatkan perbandingan seperti pada screenshot berikut:

Nah, sepertinya sama saja dengan Google insights yang lalu sih, hanya ditambahkan grafik dan petanya juga bisa dipakai untuk melihat seberapa banyak key word yang dimasukkan. Ya, sepertinya semacam penggabungan saja di antara dua tool yang dijadikan satu. Sebelumnya, saya juga tidak pernah menggunakan Google trend, dan lebih sering membuka google insight. Tapi kalau dilihat dari alamat webnya, yang dipakai ya Google Trends. Jadi meskipun di hasil penarian yang muncul adalah www.google.com/insights/search/, tapi yang terbuka adalah alamat Google trends: http://www.google.com/trends/.

Jadinya terbetik juga pertanyaan dalam benak saya, ada apa dengan Google Insights?

1 comment:

  1. Yah, mungkin karena Google Insight lebih laris daripada Google Trend, maka pihak Google pun mengalihkan pencarian Google Insight ke URL Google Trend. Biar Google Trend juga dapat traffic. Gitu, kaleee....

    ReplyDelete

CocoGress