July 22, 2012

Era Digital: Semua bisa dikendalikan dari Rumah

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan wanita dewasa ini makin mudah untuk menjalankan aktivitasnya, baik sebagai ibu rumah tangga dengan segala macam ragam aktivitasnya, sekaligus sebagai wanita mandiri dengan karirnya. Era teknologi internet terutama telah mempermudah wanita untuk menjalankan semua aktivitas dan peran wanita sebagai makhluk sosial. Bagi wanita yang ingin mandiri secara finansial, maka dengan adanya akses internet, wanita bisa mengendalikan bisnis dari rumah, baik bisnis yang dikelola sendiri maupun menjadi afiliasi bagi bisnis yang telah dikelola oleh pengusaha lain. Beberapa bisnis yang bisa dikelola oleh wanita dari rumah misalnya:
  • Membuka jasa konsultasi misalnya, konsultan anak, konsultan kesehatan, konsultan statistik, konsutan hukum, konsultan desain, dan sebagainya.
  • Membuka toko online, yaitu dengan memasarkan hasil kerajinan tangan, membuka butik online, memasarkan kue-kue, dan sebagainya.
  • Membuka portal yang memuat berita-berita atau artikel yang dikelola sendiri. Dari sini, wanita bisa mendapatkan keuntungan finansial dari mitra yang memasang iklan, komisi penjualan, dan sebagainya.
  • Menjadi penulis freelance bagi situs-situs yang membutuhkan freelancer.
  • Menulis ebook
  • Dan lain-lain.
Melalui internet pula, seorang wanita tetap bisa menjalankan fungsi sosialnya melalui komunitas-komunitas yang dibentuk secara online. Dengan demikian, wanita tetap bisa menjalankan fungsi sosialnya dan memberi manfaat kepada masyarakat. Dewasa ini beberapa jenis causes dikelola oleh wanita untuk mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan mutu pendidikan, peningkatan mutu kesehatan, dan sebagainya. Selain itu, melalui causes yang dikelola dalam jaringan sosial juga bisa digunakan untuk memberi dukungan bagi masyarakat, seprti dukungan terhadap upaya pencegahan kanker, penerita autis atau anak berkebutuhan khusus, dan sebagainya.
Selain menjalankan fungsi sosialnya, wanita juga bisa menambah wawasan dan ketrampilan dengan memanfaatkan ragam informasi dan bentuk-bentuk pelatihan yang banyak tersedia secara online. Ragam informasi tersebut bisa mendukung wanita dalam memelihara diri dan keluarga, seperti informasi tentang kesehatan, kecantikan, fashion, resep masakan, desain rumah, tips berbelanja, dan sebagainya yang bisa digunakan untuk menambah wawasannya dalam membina diri, keluarga, dan kehidupan sosialnya. Tentu saja, dalam hal ini wanita harus mampu secara bijak dalam memilih dan memilah jenis informasi yang tersedia di internet.
Dari uraian di atas jelas terlihat, bahwa era digital merupakan era yang memberi keleluasaan bagi sosok wanita untuk tampil secara utuh, baik sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial. Di mana sosok tersebut tetap menjaga kodratnya sebagai isteri dan ibu yang menemani suami dan anak, serta menjaga kebersamaan di rumah, karena semua bisa dikendalikan dan dijalankan dari rumah. Ibaratnya, era digital adalah peluang bagi wanita untuk mewujudkan slogan RUMAHKU ISTANAKU secara utuh, baik secara fisik maupun psikologis.
Dengan selalu berada di rumah, dan aktivitas tetap bisa dijalankan, maka wanita tidak harus berlelah-lelah menyusuri padatnya jalan raya dan pengapnya polusi setiap hari, karena waktu untuk keluar rumah bisa dischedule dengan baik serta disesuaikan dengan kondisi anak-anak dan suami. Yang terpenting adalah, semua bisa dijalankan dari rumah, bahkan tetap bisa dilakukan sambil menyuapi si kecil, menemani anak-anak belajar, atau menemani suami yang tengah menikmati teh hangat dan pisang goreng yang kita hidangkan di sore hari.
Dan akhirnya, dengan shedule yang fleksibel pula, kita bisa menjalankan ibadah secara tepat waktu dengan khusyuk di rumah bersama anak-anak san suami.
So...
Era digital bukan momok bagi wanita dan anak-anak
Ketika seorang wanita bisa mengerti, memahami, dan menggunakan pernak-pernik internet dengan baik, maka dia bisa menjalankan peran secara utuh. Pemahaman ini juga akan membantu wanita untuk menemani dan mengawasi anak-anak yang tentunya telah bergerak lebih cepat dalam menggunakan internet.

2 komentar:

A Mom said...

nice to be here. nice site!

coco nut said...

@ a Mom: thanks mom..

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates