August 9, 2012

[VIVA.co.id] Ada 'Sesuatu' dalam Desain Baru VIVA

Viva.co.id merupakan nama baru portal yang dimiliki oleh Grup VIVA, yang dulu bernama Vivanews.com. Pengubahan 'Vivanews' menjadi 'Viva' tanpa tambahan news di belakang nama Viva seolah memberikan kesan bahwa VIVA.co.id adalah website perusahaan media yang tidak hanya menyampaikan berita, tetapi menyampaikan ragam informasi selain berita. Sebagaimana diketahui, VIVA adalah nama emiten PT Visi Media Asia di Bursa Efek Indonesia, yang bergerak di bidang media, baik penyiaran melalui televisi (ANTV dan TVOne) dan internet (portal VIVA.co.id). 
Dari sisi konten, viva.co.id terlihat lebih kompleks dan lengkap, karena menyajikan ragam informasi dari berbagai sisi, mulai dari berita, bola, blog, forum, socio, dan lifestyle. Di mana masing-masing sisi memiliki menu-menu yang dirinci secara lebih detail.
Dari sisi desain, portal Viva.co.id terlihat lebih smart dan elegant dengan dominannya warna putih yang diiringi dengan kehadiran warna merah, sehingga mempermanis dan mempertajam desain portal. 
Dalam rangka memenuhi elemen kejelasan dan kelengkapan, maka desain portal VIVA.co.id menjadi sangat panjang untuk memuat isi informasi yang ingin disampaikan kepada pengunjung secara lebih jelas dan lengkap. Panjangnya portal ini membuat pengunjung harus melakukan scrolling yang lama untuk menjangkau informasi di bagian bawah portal, sebagaimana terlihat pada gambar berikut:

Gambar di atas menunjukkan bahwa untuk memenuhi elemen kelengkapan dan kejelasan informasi maka desain portal menjadi sangat panjang. Jika dicapture maka panjang desain keseluruhan mendekati 5000 pixel.(hasil capture saya sebesar 4803 pixel). Scrolling yang sangat panjang untuk sampai pada ujung portal.
Dalam rangka memberi kemudahan kepada pengunjung yang ingin memilih menu yang ingin dikunjungi pada saat baru membuka portal VIVA.co.id, maka masing-masing subdomain dilengkapi dengan menu yang akan muncul jika kursor diarahkan ke link subdomain sebagaimana terlihat pada gambar berikut:

Desain Bagian Atas Portal, yang menampilkan Menu Vivanews, Vivalife, Vivabola, Vivalog, dan Vvvasocio lengkap dengan Scrolling dan Slide Informasi Terhangat
Gambar di atas menunjukkan bahwa sub-sub domain didesain dengan memiliki menu masing-masing yang terscroll ke bawah jika kursor meluncur ke masing-masing menu, sehingga memudahkan pembaca untuk mengetahui ada apa saja di dalam masing-masing subdomain tersebut, dan memilih di menu apa yang ingin dibaca.
Selain itu, Viva.co.id juga memberikan slide berita terbaru untuk semua subdomain, yang memberi kemudahan kepada pembaca untuk mengetahui informasi yang paling hangat dan paling baru, baik berita, bola, blog, forum, maupun socio, sebagaimana terlihat pada gambar di atas.
Selanjutnya, untuk mengantisipasi kemalasan pengunjung untuk melakukan scrolling ke atas ketika pengunjung sudah sampai di bagian bawah portal, maka pada bagian footer diberi menu-menu dari masing-masing subdomain. Dengan demikian, pengunjung tinggal klik pada menu yang diinginkan.
Panjangnya portal ini memang memberi kesan mewah, karena portal menjadi terlihat anggun sebagai dampak dari dominannya warna putih dan gurat-gurat merah di beberapa bagian, seperti judul menu dan judul berita di bagian body dan sidebar. Namun, ada sesuatu dibalik kemewahan dan keanggunan desain portal VIVA.co.id, yaitu kesan tidak efisiennya penggunaan ruang dalam desain portal dalam menyampaikan informasi. Inefisiensi desain ini terlihat dari adanya pengulangan kabar terhangat pada masing-masing subdomain dan menu yang disampaikan di beranda portal sebagai berikut:

Ada ruang kosong di sidebar, karena panjangnya tampilan thumbnail, slide, dan snipet pada masing-masing menu di subdomain portal
 Gambar di atas menunjukkan bahwa penyampaian kembali informasi terhangat tersebut memang menarik pembaca, karena ada thumbnail yang mengiringi judul informasi. Akan tetapi penyampaian kembali informasi terhangat tersebut seolah mengulang kembali informasi terhangat yang disampaikan pada slide di bagian paling atas. Di mana hal ini mungkin bisa menjadi masukan untuk diefisienkan untuk memperpendek scrolling, sehingga di bagian beranda lebih terlihat manis tanpa memperlihatkan adanya ruang kosong di sidebar bagian bawah sebagaimana terlihat pada gambar di atas. Apalagi di bagian sidebar juga disampaikan judul-judul informasi terhangat yang disampaikan oleh portal, sebagiamana terlihat pada gambar berikut:
Berita Terhangat dan Terpopuler di Sidebar
Hal lain yang juga menjadi sesuatu dalam desain VIVA.co.id adalah adanya pengulangan penyampaian informasi terhangat pada subdomain VIVA.co.id. Misalnya pada desain Vivanews (news.viva.co.id) berikut:

Gambar di atas menunjukkan bahwa ada ruang kosong di sidebar dan terjadi pengulangan peletakan informasi terhangat dari subdomain VIVA.co.id (Lihat tanda lingkaran). Tetapi tidak ada link yang menonjol menuju beranda VIVA.co.id. Mengapa untuk berita terhangat tidak diletakkan semua di bagian sidebar, tentu dengan thumbnail untuk menarik perhatian pengunjung, dan footernya tetap diisi dengan menu footer sebagaimana yang terletak di beranda utama VIVA.co.id, untuk memberi peluang bagi pengunjung untuk menuju ke subdomain atau menu dalam subdomain yang ingin dikunjungi.
So, secara umum, desain baru VIVA.co.id memang anggun, memiliki kesan smart dan elegant, serta sangat lengkap dan menarik, tapi ada jika dicermati, ada 'sesuatu' yang menggelitik dalam desain mewah tersebut.
 

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates