June 10, 2014

Hijab Fest - Pesona Dakwah Muslimah dalam Fashion Syar'i Nan Trendy

Surabaya, CocoNotes - Pertengahan tahun 1990-an merupakan masa pencerahan bagi muslimah. Masa itu   gelora muslimah menguat untuk memperjuangkan haknya dalam menjalankan salah satu syariat yang diwajibkan dalam tuntunan agama Islam.

Gelora dan ghirah muslimah tersebut pun mengantarkan muslimah dalam mendapatkan kelonggaran untuk menggunakan pakaian syar'i untuk menutup aurat di mana pun berada. Tidak lagi ada larangan bagi anak-anak sekolah dan mahasiswa untuk menggunakan jilbab saat mengikuti pelajaran di sekolah/kampus. Tidak juga ada lagi larangan untuk menggunakan jilbab dalam foto ijazah kelulusan.

Dewi Sandra Killick (Artis, Endorser Wardah Beauty Cossmetics) dan Sheena Krisnawati (Founder Hijab Fest) (Sumber Gambar: Official Hijab Fest @hijab_fest)
Hingga akhirnya, setiap muslimah dapat dengan bebas mengenakan pakaian yang disyariatkan dalam agama. Tidak sedikit para artis yang selama ini lekat dengan citra glamour mulai beralih haluan untuk tampil cantik dan syar'i, tetapi tetap stylish dan trendy. Mulai dari Ida Leman, Ida Royani, Inneke Koesherawati, Marshanda, Dewi Sandra, Lyra Virna, Puput Melati, Desy Ratnasari, dan masih banyak lagi deretan artis yang memutuskan untuk tampil syar'i. Keputusan yang berani dan mampu membawa semangat bagi muslimah bahwa berbusana muslimah bukan penghalang untuk tetap berkarya dan cantik.

Dian Pelangi, Fashion Designer dan Brand Ambassador Wardah Beauty Cosmetics (Sumber Gambar: Official Website Wardah Beauty)
Meluasnya penggunaan busana muslimah di berbagai kalangan tersebut mengundang kreativitas dan inovasi para desainer untuk merancang busana muslimah yang cantik, stylish, trendy, tetapi tetap syar'i. Selain itu, komunitas hijabers dan jilbabers pun bermunculan untuk menegakkan ghiroh muslimah untuk menutup aurat.

Pastinya, perjuangan kaum muslimah tersebut tidak berlangsung mulus-mulus saja. Terlebih dengan adanya peristiwa terorisme yang melibatkan kelompok-kelompok ekstrim menjadikan muslimah harus berhadapan dengan opini bahwa Islam adalah agama teroris yang tidak ramah dan toleran.

Menghadapi hembusan opini tersebut, desainer muslimah tidak tinggal diam. Demikian pula dengan komunitas-komunitas hijabers dan jilbabers menguatkan barisan untuk menampilkan kekuatan, konsistensi, dan keramahan muslimah. Dakwah muslimah yang ramah dan memesona masyarakat pun mulai digalakkan untuk menepis opini muslimah ekstrim dan puritan.

Salah satu aktivitas dakwah muslimah yang monumental akhir-akhir ini adalah Indonesia Hijab Fest, The Biggest Hijab Gathering & Expo. Dengan didukung oleh produsen kosmetik halal, Wardah Beauty, Indonesia Hijab Fest mulai diperkenalkan kepada masyarakat sejak tahun 2012 di Sabuga, Bandung, dan secara berturut-turut diselenggarakan di tempat yang sama pada tahun 2013 dan 2014. Bahkan pada 2 - 5 Mei 2013 Indonesia Hijab Fest yang merupakan event kedua, diselenggarakan di Grand City, Surabaya.
Sumber gambar:Official Website Indonesia Hijab Fest
Penyelenggaraan Indonesia Hijab Fest sebagai expo dan gathering terbesar di Indonesia yang berkesinambungan tersebut selalu mendapatkan antusiasme dari masyarakat, karena Indonesia Hijab Fest merupakan wahana dakwah monumental yang berani menampilkan fashion trendy yang syar'i. Terlebih, Hijab Fest bukan hanya menampilkan fashion syar'i di chatwalk, tetapi juga menampilkan serangkaian aktivitas yang menggambarkan keramahan, kasih sayang, dan membuminya muslimah di Indonesia.

Aneka Acara dan Lomba dalam Event IHF 2014 (Sumber Gambar Official Website Indonesia Hijab Fest)
Sebagai contoh dapat dilihat dalam serangkaian aktivitas yang diusung dalam Indonesia Hijab Fest 2014 di Sabuga, Bandung. Event yang diselenggarakan selama empat hari berturut-turut 29 Mei - 1 Juni 2014 tersebut menyajikan beragam aktivitas yang dapat dinikmati dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, sampai kalangan dewasa. Di mana pengunjung dapat memperoleh hiburan, pengetahuan, berbelanja, dan kebersamaan serta persaudaraan .....

Para Pemenang Lomba Hijab Model untuk Remaja (Sumber Gambar: Official Hijab Fest @hijab_fest)
Kemeriahan Hijab Fest dapat dinikmati oleh anak-anak dengan mengikuti lomba adzan anak-anak. Sementara bagi remaja, Hijab Fest menyuguhkan Lomba Hijab Model untuk remaja, fashion show, bridal fashion show, penampilan akustik Nadyafatira, Jia Nasyid, dan penampilan mini konser Tulus yang banyak dinantikan oleh penonton. Pelantun lagu Sepatu dan Teman Hidup itu pun membuat event Indonesia Hijab Fest semakin memukau penonton.

Penampilan Akustik Nadyafatira (Sumber Gambar: Official Hijab Fest @hijab_fest)
Bridal Fashion Show (Sumber Gambar: Official Hijab Fest @hijab_fest)
Hijab Fashion Show (Sumber Gambar: Official Hijab Fest @hijab_fest)
Hijab Tutorial (Sumber Gambar: Official Hijab Fest @hijab_fest)
Penampilan Tulus dalam Minikonsernya (Sumber Gambar: Official Hijab Fest @hijab_fest)
Dalam rangka membangun kebersamaan keluarga dan masyarakat, Indonesia Hijab Fest menyelenggarakan program Family Fun Run yang dikomando oleh Indorunners. Sebagai penyemangat, Dewi Sandra Killick, yang merupakan brand ambassador kosmetik halal Wardah Beauty turut dalam acara Family Fun Run.

Family Fun Run Bersama Dewi Sandra Killick (Sumber Gambar: Official Hijab Fest @hijab_fest)
Sebagai siraman rohani, ada parade ustadz yang menampilkan Ustadz Hanan Attaqi dan Aa Gym yang menenteramkan hati dalam sebuah majelis ta'lim. Hijab Fest juga menampilkan tausiyah Teteh Ninih dengan tema "Fenomena fashion hijab di mata muslimah Indonesia".

Tausiyah Ustadz Hanan Attaqi (Sumber Gambar: Official Hijab Fest @hijab_fest)
Teh Ninih Pun Menyampaikan Tausiyahnya (Sumber Gambar: Official Hijab Fest @hijab_fest)
Sementara itu, untuk menambah pengetahuan dan menambah wawasan, ada acara talk show yang menampilkan Dian Pelangi, Sarah Vi, Zaskia Adya Mecca, Lyra Virna, Aisha Maharani, Shobirin, Moh.Shukri, dan serangkaian pembicara lainnya membawakan tema mulai dari fashion hijab, tutorial jilbab, penggunaan jilbab panjang, sampai talk show menjemput jodoh dan kewirausahaan.

Talk Show Bersama Sarah Vi dan Pak Sobirin (Sumber Gambar: Official Hijab Fest @hijab_fest)
Untuk menebar kasih sayang sesama, Hijab Fest menyelenggarakan program Mukena Charity, yaitu program pengumpulan 10.000 mukenah baru maupun bekas yang masih layak pakai untuk selanjutnya dibagikan ke masjid-masjid di Indonesia.

Mukena Charity (Sumber Gambar: Official Hijab Fest @hijab_fest)
Counter Wardah Beauty Cosmetics, Tempat Pengunjung Berbelanja Produk Wardah (Sumber Gambar: Official Hijab Fest @hijab_fest)
Padat dan meriahnya acara Hijab Fest tersebut tidak lepas dari dukungan Wardah Beauty Cosmetics, pioneer kosmetik halal di Indonesia yang mampu menarik perhatian CEO asing untuk mempelajari strategi Wardah Beauty dalam mengembangkan brand Wardah yang menggunakan label Halal, tetapi  dapat diterima oleh berbagai kalangan. Wardah Beauty, yang sejak awal fokus pada penggunaan kosmetik halal, memang telah mampu mencuri hati muslimah untuk merasa aman dalam ber make up dan merawat tubuh dan wajah, tanpa khawatir adanya bahan-bahan yang meragukan secara syar'i.

Cantik Syar'i dengan Kosmetik Halal (Sumber Gambar: Wardah Beauty Cosmetics)
Wardah Beauty yang mulai dikenalkan masyarakat sejak tahun 1990an sebagai kosmetik halal tersebut kini telah menyediakan beragam produk perawatan tubuh dan wajah, serta make up, sehingga muslimah makin percaya diri untuk tampil cantik dan memesona, tanpa khawatir melanggar syariat.

Referensi:
Official Website Wardah Cosmetics
Official Website Indonesia Hijab Fest
Official Indonesia Hijab Fest: @hijab_fest

 

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates