July 25, 2012

Blogwalking: Silaturahim ala Dunia Maya

Heee...silaturahim ternyata bisa diimplementasikan di dunia maya. 
Bagi yang punya facebook account, silaturahim bisa dilakukan dengan saling berkunjung ke wall teman, dan meninggalkan jejak di sana. Jejak tersebut bisa berupa komentar, like status, atau menulis pesan di wall maupun di message. Dari sini akan timbul keakraban di antara pemilik facebook account, bahkan meskipun bagi yang belum pernah bertemu dalam dunia nyata. And I experience this one :). Melalui pertemanan ini bisa dilakukan saling berbagi informasi, saran, masukan, usulan, dan sebagainya. Bahkan menjelang Ramadhan 2012 ini saya dan teman SMA saya yang telah berpisah sejak 20 tahun yang lalu bisa bertemu dan berhasil merencanakan, merapatkan, dan memutuskan untuk reuni pada H+1 di dekat SMA kami dulu. Tuh... kalau kita mampu memanfaatkan dengan baik situs jejaring sosial maka bisa memberi benefit bagi kita.
Tentu saja, saat memilih teman yang akan dijadikan sebagai teman yang bisa diajak berteman maka pemilik facebook account harus hati-hati agar tidak terjebak dalam kejahatan dunia maya. Karena yaa.... tahu sendiri kan, banyak ditemukan kejahatan dunia maya yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab di facebook.
Nah, bagi yang memiliki blog, maka silaturahim di dunia maya melalui blogwalking. Di sini kita juga bisa meninggalkan jejak, seperti memberi komentar dan meninggalkan pesan di chat box yang biasanya ada di sidebar, bottom, maupun dibuatkan page tersendiri. Chat Box ini lebih interaktif dan bisa menjadi alat jitu untuk menjaring pendatang. Memang sih, pengunjung tersebut datang ke blog kita bukan karena tertarik dengan content blog kita, tapi karena adanya keterikatan saling membalas kunjungan. Tapi hal ini bukan masalah. Dari sini juga bisa digunakan untuk silaturahim yang bagus. Saya juga melakukannya. Dan kita bisa saling kenal, meskipun kita tidak pernah saling kenal via dunia nyata. Teman-teman ini bisa berasal dari seluruh bagian dunia, sebagaimana juga yang terjadi pada facebook dan twitter.
Saya posting tentang manfaat blogwalking, karena hari ini saya melihat alexa rank salah satu blog saya yang menggunakan blogspot saya menanjak sampai kisaran 10.000.000, dari 23 juta an menjadi 14 juta an. Kenaikan yang sangat signifikan.....Dan ini biasanya akan terus mengalami kenaikan hingga nanti di titik 1 atau 2 juta an, karena di titik itu, tingkat persaingan sudah sangat tinggi.
So, ternyata silaturahim pun bisa dilakukan via dunia maya, yang selanjutnya bisa dilanjut melalui dunia nyata dalam kopi darat para blogger.
Karena itu, jangan segan-segan meninggalkan jejak di blog tetangga ya, karena silaturahim, di mana pun dan lewat mana pun memberi manfaat bagi kita.

2 komentar:

Lina Gustina said...

Salah satu manfaat positif dunia maya nih :)

www.1sthappyfamily.com

coco nut said...

@Lina Gustina: heheheh... iya setelah lama ditinggalkan, alexa rank nya pada bersembunyi semua, google ranknya juga pada menurun....ada yag hilang juga :) ternyata mereka jg pingin diajak silaturahim dan disilaturahim i.

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates