February 16, 2013

Lingkungan Kerja - Seberapa Pentingkah bagi Karyawan

Karena karyawan memerlukan penghargaan, penghormatan, pengakuan dan perlakuan yang wajar serta bersifat manusiawi, toleransi, solidaritas, dan tidak diskriminatif.

Lingkungan kerja merupakan keadaan fisik dan nonfisik di mana seseorang melakukan tugas kewajibannya sehari-hari termasuk kondisi ruang kerja dan ruang kantor/pabrik secara keseluruhan. Secara fisik, lingkungan kerja ini meliputi segala sesuatu yang bisa dilihat secara kasat mata, meliputi perlengkapan dan peralatan, serta tata ruang yang mendukung karyawan agar merasa nyaman dalam melakukan kewajiban dan tugasnya. 

Lingkungan fisik ini harus bisa mendukung keterpenuhan lingkungan nonfisik. Pada saat karyawan dalam masa pembelajaran, maka proses orientasi merupakan hal vital yang harus ditekankan, sehingga karyawan akan dengan mudah melakukan pembelajaran atas setiap tugas baru yang masih 'asing' atau masih sulit untuk dipahami, sehingga membutuhkan akses yang mudah untuk berinteraksi dengan senior atau pihak-pihak yang bisa memberikan petunjuk dalam menjalankan tugas secara lebih baik. Dengan demikian, proses orientasi akan menjadi lebih cepat dan karyawan akan lebih cepat dan mudah memahami tugas dan kewajibannya, yang pada akhirnya akan berdampak pada perbaikan kinerja mereka. 

Selain itu, lingkungan kerja juga harus mendukung pemenuhan karyawan dalam hal pemenuhan kebutuhan nonmaterial. Sebagaimana diketahui, karyawan juga memerlukan adanya suatu penghargaan yang sifatnya non finansial baik dari pimpinan maupun dari rekan kerja, seperti pujian, pengakuan atas prestasi yang dicapainya, hal ini akan mendorong pegawai untuk lebih giat dalam melaksanakan pekerjaan. Selain itu perlakuan yang wajar tanpa adanya tekanan-tekanan atau diskriminasi sangat dibutuhkan bagi para karyawan. Dengan demikian akan tercipta suatu suasana kerja yang menyenangkan. Struktur organisasi yang tepat, terdapat kerjasama antar pegawai tanpa adanya diskriminasi, akan mempengaruhi karyawan untuk lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas mereka.

Dengan adanya suatu lingkungan kerja yang baik dan menyenangkan, karyawan akan bersemangat dalam melaksanakan pekerjaannya, serta mengurangi setiap bentuk keluhan karyawan, seperti  sulitnya akses untuk mendapatkan informasi atau petunjuk dalam menjalankan pekerjaan, tugas, dan kewajiban, sulitnya menyampaikan pendapat, dll. Suasana kerja dapat mendukung tumbuhnya semangat kerja karyawan sangat mempengaruhi tercapainya tujuan organisasi. Suasana kerja yang baik dapat tercipta dengan adanya penyusunan organisasi, karena ini merupakan suatu alat yang memberikan pengelompokan kegiatan-kegiatan khusus dan mengelompokkan orang-orang dan menerapkan tujuan manajemen. Dengan penyusunan organisasi yang baik dan pembagian tugas yang jelas dapat menciptakan suasana kerja yang sehat sehingga dapat menumbuhkan semangat kerja karyawan.

1 komentar:

coloureverywhere said...

definetely :)

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates