August 14, 2014

Kemerdekaan yang Diperingati

Pic. by Admin
Surabaya, CocoNotes - Euforia 17 Agustus sudah mulai terasa. Bendera mulai banyak dipancangkan di depan rumah, di depan bangunan kantor, dan di sepanjang jalan warna merah putih mendominasi, tidak hanya di kota, tetapi sampai di pelosok pedesaan. Merah putih berkibar menantang angkasa. Membuat haru setiap jiwa yang memandang kibarannya di alam luas.

Seluruh masyarakat pun mulai sibuk dengan aktivitas tujuh belasan. Mulai tingkat RT sampai kelurahan, sampai kecamatan, hingga sampai di tingkat negara. Para ketua RT menggerakkan warganya untuk mengecat gapura gang-gang di wilayah masing-masing dengan warna Merah Putih. Umbul-umbul warna merah putih pun mulai membentang di jalan raya. Aroma merah putih memenuhi nuansa di masing-masing wilayah RT.

Semua dikerjakan oleh masyarakat melalui kerja bakti, kerja sama dalam guyub, penuh gairah pembebasan. Bebas dari persaingan antarwarga, bebas dari pertengkaran, bebas dari syak wasangka, bebas dari iri hati, karena semua bergerak dalam satu semangat. Yaitu, semangat menyambut peringatan hari kemerdekaan.

Beragam lomba permainan khas tujuh belasan pun mulai digelar. Mulai dari lomba makan kerupuk, lomba gigit koin, lomba balap karung, lomba panjat pohon pinang (yang pastinya, bukan pohon pinang asli, tetapi pohon hadiah yang pohonnya dari batang bambu yang diolesi pelumas dan diujungnya ada banyak ragam hadiah yang bisa diambil oleh pemanjat), dan aneka ragam perlombaan lainnya.

Sementara itu, di lingkungan sekolah pun tidak ketinggalan. Latihan upacara kemerdekaan, paduan suara, latihan Paskibraka, karnaval dengan memakai baju adat, serta aneka lomba pun mulai dilaksanakan.

Sungguh, peringatan kemerdekaan 17 Agustus selalu disambut dengan warna-warni rasa anak bangsa. Semua dilakukan dengan bebas, dengan senang hati, dan sukarela. Dan, euforia tujuh belasan yang sedemikian bebasnya itu, adalah dambaan dalam perjalanan bangsa ini. Untuk bebas melangkah mencapai tujuan bangsa. Bebas untuk sekolah, bebas untuk makan, bebas untuk bekerja, bebas dan merdeka .... Sepanjang dalam koridor yang ditetapkan oleh penyelenggara negara, karena kebebasan mereka itu adalah kemerdekaan yang diperingati. Nah lo ....

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates