February 5, 2015

Tidak Seorangpun Merencanakan Kegagalan

Surabaya, CocoNotes - Setiap makhluk hidup pasti akan bertemu dengan kegagalan. Meskipun kegagalan itu tidak pernah dimasukkan dalam daftar perencanaan. Bahkan, saat menyusun perencanaan pun kadang terjadi kegagalan. 
Kegagalan dalam menyusun perencanaan yang dapat diartikan sebagai bentuk merencanakan kegagalan itu sendiri. 

Setiap manusia pasti ingin jalan hidupnya lurus dan mulus. Ingin segala yang direncanakannya dapat berjalan tanpa harus mengalami kegagalan. Sayangnya, kegagalan itu kadang datang untuk menguji, sehingga manusia harus berbelok dan memilih. Membatalkan dan merusak rencana semula. Bahkan saat burung yang pandai terbang sekalipun, kadang harus menghentikan petualangan terbangnya karena kegagalannya menembus angin. 
Dan, ... setiap makhluk hidup juga ternyata memiliki sikap yang berbeda dalam menyikapi kegagalan. Tergantung tingkat kegagalan, frekuensi kegagalan, dan tingkat kedewasaan, serta stabilitas emosional. 
Putus asa, frustrasi, stress, depresi, dan kecewa pun bisa jadi akan menghantui sebuah kegagalan. Namun, kesyukuran, ketawakkalan, dan kelapangan hati untuk selalu belajar juga akan mengikuti sebuah kegagalan.
Bagaimana dengan Anda?

Pic. by: Ahmad Nur Muhammad, 
September 2014
di Candi Tikus

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates