April 13, 2014

Bi-Pro Magazine: Situs Lokal yang Tidak Hanya Jangkau Skala Nasional, Tetapi Go Internasional

Surabaya, CocoNotes – Bi-Pro Magazine merupakan majalah yang dikemas dan disajikan secara online untuk menyampaikan informasi tentang bisnis dan promosi produk dan layanan karya bangsa Indonesia. Lahirnya situs online Bi-Pro Magazine diilhami dari perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, sehingga dapat dijadikan sebagai wahana untuk meningkatkan daya saing lokal menuju daya saing global. Jika sebelumnya, sebuah majalah hanya dapat dinikmati melalui sajian cetak, maka saat ini majalah dapat dinikmati secara elektronik, yaitu melalui majalah online yang disajikan melalui situs atau website. Melalui majalah online ini, informasi yang disampaikan dapat diakses oleh pengguna dengan lebih mudah, lebih cepat, lebih murah, dan lebih fleksibel (easier, faster, cheaper, flexible). 

Bi-Pro Magazine yang beralamat website di http://www.bipro-magazine.com/ dengan posisi kantor di Jalan Cipta Karya Gg. Paus No. 8 RT 03 RW 11 Kelurahan Tuah Karya Pekanbaru, Riau memang telah melakukan terobosan untuk menjadi majalah online bisnis dan promosi nomor 1 di Indonesia dengan jangkauan nasional dan internasional. Bagaimana tidak, dengan menggunakan sistem online Bi-Pro akan dapat diakses oleh siapapun tanpa batasan wilayah kekuasaan. Dengan demikian, meskipun lokasi Bi-Pro Magazine berada di Riau, tetapi dengan sistem online, Bi-Pro Magazine dapat dibaca oleh pembaca di belahan dunia manapun, mulai dari Amerika, Eropa, Australia, Kawasan Asia Timur, Barat, dan Selatan, sepanjang di wilayah tersebut ada sambungan internetnya. 

Majalah Online: Easier, Faster, Cheaper, Flexible 

Majalah online memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan majalah cetak, karena majalah online dapat diakses di mana saja dan kapan saja serta lebih cepat. Hanya dengan klik alamat website majalah, maka pengguna dapat menuju informasi yang diinginkan. Jaringan internet yang kini telah mampu menjangkau siapa saja dan di mana saja, karena internet dapat diakses melalui handphone yang notabene dimiliki oleh semua kalangan demografi, menjadikan siapa saja dapat membaca majalah online di mana pun dan kapan pun mereka mau. Ibaratnya, wherever, whenever, however, whoever, dan whatever, karena di manapun, kapanpun, bagaimanapun, dan apapun beritanya majalah online dapat dinikmati oleh siapapun. 

Sistem indeks dan pengarsipan majalah online juga memungkinkan pembaca dapat mereview informasi yang telah disampaikan beberapa waktu yang lalu, sehingga pembaca yang tidak sempat menikmati informasi terbaru, tetap dapat menikmatinya di kala sempat membacanya. 

Selain itu, jika mengandalkan majalah cetak, maka jangkauannya akan terbatas dan membutuhkan biaya yang lebih mahal untuk biaya cetak dan distribusinya. Melalui website, jangkauannya tidak hanya pada area lokal dan nasional saja, tetapi dapat mengglobal. Selain itu, biaya cetak dan biaya distribusi pun dapat dipangkas, sehingga lebih murah atau efisien. Di mana biaya tersebut dapat dimaksimalkan untuk biaya peningkatan kualitas layanan informasi dan kualitas sistem yang mendukung majalah online tersebut. Sehingga pengguna lebih terpuaskan melalui layanan informasi dan layanan sistem pendukung, serta sisi tampilan majalah. 

Bi-Pro Magazine dalam Perspektif Pemgguna: Kualitas Sistem Informasi dan Kualitas Layanan Informasi 

Model keberhasilan sistem informasi yang dikembangkan oleh DeLone dan McLean dalam Journal of Management Information System / Spring 2003, Vol. 19, No. 4, pp. 9–30. © 2003 M.E. Sharpe, Inc, yang berjudul The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update, menyebutkan bahwa kualitas sistem informasi (system quality), kualitas informasi (information quality), dan kualitas layanan informasi (service quality) merupakan tiga hal yang mendukung kepuasan pengguna yang menjadi ukuran keberhasilan sebuah sistem informasi, termasuk website. 

Secara umum, kualitas sistem informasi Bi-Pro Magazine sudah cukup bagus. Dengan loading yang cukup ringan, pengguna dapat segera melihat halaman yang ingin dibaca. Namun demikian, dari kualitas informasi dan kualitas layanan informasi masih belum memadai. Ragam informasi dan pemilahan jenis informasi dalam menu dan indeks masih harus diperhatikan, antara berita dan promosi. Hal ini dapat dilihat dari menu promosi yang seharusnya dapat diisi dengan iklan atau bentuk komunikasi pemasaran produk dan layanan, justru diisi dengan berita politik dan event.
Ragam Informasi dan Pemilahan Indeks yang Belum Rapi
Hal yang lain masih perlu dipertimbangkan juga adalah posisi Bi-Pro Magazine sebagai majalah, pastinya penyampaian informasinya akan berbeda dari portal atau situs harian online. Majalah umumnya memiliki periode penerbitan dengan kala tertentu dan bukan informasi harian. Hal ini belum ditemukan dalam Bi-Pro Magazine, yang ditunjukkan dari tidak adanya menu indeks pada kolom navigasi.
Belum ada menu indeks dalam navigasi atas
Blink-Blink Bi-Pro Magazine yang Masih Perlu Dipercantik 

Saat membuka situs Bi-Pro Magazine, kesan pertama yang terlihat adalah sosok yang tinggi, besar, dan gagah dengan rumbai-rumbai aksesoris yang blink-blink. Banyak banner yang bergerak (flash) dalam ukuran besar yang mengganggu kecantikan atau ketampanan tampilan Bi-Pro Magazine.

Header, Body, Sidebar, Serta Footer
Desain home (beranda) yang diawali dengan header dengan ukuran besar terkesan memakan tempat yang seharusnya dapat diisi dengan berita paling hangat maupun berita paling populer dengan gambar yang menarik pembaca untuk mengetahui isi informasinya. 

Demikian juga dengan footer yang dibiarkan kosong tanpa navigasi akan memaksa pengguna untuk melakukan scrolling ke atas menuju navigasi di header, karena di bagian footer tidak menyediakan menu navigasi untuk memancing pengguna untuk mencari tahu informasi lain yang disediakan oleh Bi-Pro Magazine

Akhirnya, sebagai media yang dikonsumsi publik secara global, pihak manajemen Bi-Pro Magazine secara terus menerus melakukan upaya perbaikan terhadap majalah online yang baru diluncurkan pada tanggal 11 bulan 12 tahun 2013 tersebut agar benar-benar mampu mengusung majalah bisnis dan promosi skala lokal menjadi situs bisnis dan promosi nomor satu di indonesia yang mampu menembus jangkauan khalayak internasional. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi kepada khalayak dengan mengundang para blogger di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam Lomba Karya Tulis Blogger dengan hadiah total puluhan juta rupiah. Melalui lomba tersebut para blogger diharapkan dapat menyampaikan aspirasi dan inspirasi sebagai masukan bagi manajemen Bi-Pro Magazine untuk melakukan langkah inovatif, kreatif, dan atraktif untuk pengembangan Bi-Pro Magazine di masa yang akan datang.


0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates