July 11, 2014

Sebenarnya Saya Ingin Nyoblos, Tapi ....

Celup Tinta Bukti Memilih
Surabaya, CocoNotes - Meskipun pemilihan presiden telah berlalu, namun gema pemilihan presiden di Indonesia 9 Juli 2014 masih bergaung. Terlebih dengan adanya deklarasi kemenangan dini yang disampaikan oleh kedua kubu, yang sama-sama mengklaim sebagai pemenang.

Berlalunya masa pilpres 2014 tersebut juga diiringi dengan berlalunya harapan pemilih yang tidak bisa mendapatkan haknya untuk menunaikan kewajiban memilih. Di antara pemilih yang 'kehilangan' hak bersuara tersebut adalah para pekerja di rantauan.

Meskipun sudah ada kebijakan bagi pemilih perantauan untuk menggunakan hak pilihnya, namun beberapa pemilih perantau menyatakan sulit untuk mendapatkan formulir C5, sehingga melepaskan hak pilihnya. Seperti yang dinyatakan oleh Yg (Mahasiswa sebuah PTS di Surabaya asal Jawa Barat, Karyawan Swasta) yang sudah berusaha untuk mengurus hak pilihnya, tetapi pada akhirnya menyerah karena ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk mendapatkan formulir C5. Hingga akhirnya hanya bisa berkata, "Sebenarnya saya sih pingin nyoblos, tapi, saya tidak berhasil ngurus formulir C5. Harus menuhi inilah, itulah. Ya sudah. Akhirnya tidak jadi nyoblos."

Namun demikian, bagi perantau yang masih merasa bahwa tempat asalnya terjangkau, maka beberapa di antara mereka menyempatkan diri untuk pulang kampung untuk memenuhi hak pilih mereka. 

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates