September 6, 2014

Leader-Member: Kepala, Mata, dan Kaki

Surabaya, CocoNotes - Di dalam sebuah kelompok akan lahir adanya pemimpin dan pengikut. Pemimpin adalah orang yang diberi kepercayaan untuk memimpin, mengarahkan, dan mempengaruhi pengikutnya untuk mencapai tujuan kelompok tersebut. Kelompok tersebut dapat berupa komunitas sosial maupun komunitas komersial yang profit-oriented.

Pemimpin dalam bahasa Inggris adalah Leader, sedangkan Pengikut dalam bahasa Inggris disebut Follower, Member. Seorang leader harus dapat memimpin, yaitu mengarahkan, mendelegasikan, menginstruksikan, memotivasi, menginspirasi, dan memenuhi kebutuhan pengikutnya untuk demi tercapainya tujuan Leader dan tujuan Member sekaligus.

Leader juga tidak boleh berpikiran picik, pendek, dan dangkal. Pandangan dan sudut pandangnya harus luas dan mengarah ke masa depan. Visioner. Seperti huruf L yang menjadiinisial Leader, pemimpin harus visioner dan mengacu pada jangka panjang. namun tetap mengayomi, melindungi, memotivasi secara horisontal serta menginpirasi. Gaya kepemimpinan yang utuh dan holistik yang bersifat instruksional maupun transformasional harus mampu diimplementasikan secara berimbang dan fleksibel, sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi, situasi, kemampuan, dan tingkat kedewasaan serta kepribadian member.

Sementara itu, Member yang merupakan anggota jika diinisialkan menjadi huruf M atau A adalah kaki-kaki Leader. M memiliki dua mata dan dua kaki yang akan menjalankan instruksi Leader, sesuai dengan visi, misi, dan tujuan Leader.

Exchange atau pertukaran/relasi/hubungan antara Leader dan Member yang efektif, komunikatif, efisian, akan berdampak pada efektivitas, produktivitas, dan kinerja yang berkualitas dari setiap aktivitas dalam komunitas tersebut. Ketika pemimpin menjalankan fungsinya dengan baik, secara langsung dan tidak langsung, member/anggota/pengikut/bawahan akan berfungsi dengan baik pula. Hal ini secara teoritis dikenal dengan teori LMX (Leader Member Exchange).
So, gambaran yang terjadi pada komunitas adalah gambaran Leader itu sendiri. Hal ini berlaku juga di dalam sebuah negara, perusahaan, kelompok masyarakat, dan bahkan keluarga. Ketenangan, kekacauan, ketidaktenteraman, kebahagiaan, keharmonisan, keberhasilan komunitas atau kelompok adalah output dan outcome atas kepemimpinan yang disampaikan oleh seorang pemimpin.

Saatnya semua berinstropeksi diri, karena setiap individu adalah pemimpin. Anggota tubuh dan organ-organnya akan damai, sehat fisik dan psikologis, ketika si empunya memperlakukan tubuhnya dengan bijak dan baik.



0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates