May 28, 2014

Kerah-kerahan Massa Tim Sukses Calon Presiden aka Bolo-Bolo

pic. by Admin (Surabaya, 2014, Balai Pemuda, dalam Workshop SMK N 12 Surabaya)
Surabaya, CocoNotes - Media tengah ramai memberitakan pola perilaku tim sukses calon presiden (capres) sebagai upaya untuk memenangkan capres yang diusung para partai. Dalam upaya pemenangan capres tersebut, ada satu upaya yang sama yang dilakukan oleh masing-masing tim yaitu mengerahkan massanya masing-masing.

Itulah mengapa, beberapa media seringkali memuat judul 'Tim A siap kerahkan massa untuk Capres A'; 'Artis B kerahkan massa untuk menangkan Capres B', dan sebagainya. Sehingga saat membaca judul berita di twitter atau facebook media-media tersebut, kesannya menjadi lucu, karena masing-masing kelompok pendukung kerah-kerahan massa, banyak-banyakan massa. Istilah jawanya banyak-banyakan 'bolo'.

So, capres yang bakal menang dalam Pemilihan Presiden aka pilpres 2014 ini pastinya adalah capres yang merupakan produk dari pembentukan realitas media. Istilah primbonnya, capres yang mendapat pulung media. Karena, pembentukan realitas media lah yang mampu mengarahkan citra positif sang Capres dan Cawapresnya.

Andai ada calon presiden yang tidak memedulikan pencitraannya di media, dan calon presiden itu menang. Mungkin itulah pilihan obyektif rakyat, yang tidak dibumbui oleh embel-embel pencitraan. Istilahnya, sang presiden terpilih merupakan presiden yang dipilih karena mendapat pulung dari yang kuasa, dan bukan semata karena pulung media ....

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates