September 20, 2014

Tips Memilih Suplemen Makanan yang Tepat

(Pic. Dok. Pribadi, taken by Sugianto, 2012, Bukit Darmo Golf, Surabaya)
Surabaya, CocoNotes - Kecukupan nutrisi dalam tubuh sangat diperlukan agar tubuh dapat melakukan aktivitas dengan baik. Dengan tubuh yang sehat, jiwa pun akan menjadi kuat. Seperti kata pepatah, Men Sana in Corpore Sano, "Dalam Raga yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat" Dengan demikian, individu akan tidak mudah stres, depresi, tertekan, dan ragam tekanan lainnya. 
Selain jiwa yang sehat, tubuh yang sehat juga akan memiliki tingkat imunitas yang lebih tinggi terhadap serangan penyakit, tubuh juga tidak mudah lelah.

Namun, masalah kecukupan gizi tubuh menjadi masalah, ketika gaya hidup masyarakat dewasa ini yang mulai berubah. Pola hidup, pola makan, dan pola aktivitas yang dijalani masyarakat cenderung berdampak buruk bagi kesehatan. Seperti:
  • Masyarakat menjadi sangat sibuk dengan rutinitas yang tinggi, sehingga sedikit waktu yang dapat digunakan untuk bercengkerama, bersosialisasi, bercanda, dan berekreasi.
  • Pola hidup yang canggih dengan dukungan teknologi, sehingga sedikit sekali aktivitas yang memberi peluang untuk dilakukan dengan banyak gerak. Mayoritas aktivitas dapat dilakukan hanya dengan duduk di belakang meja. Atau bahkan dengan tidur-tiduran.
  • Pola makan yang tidak sehat, yang hanya mengandalkan makanan dan minuman siap saji, makanan instan, junk food. Di mana kandungan gizinya sangat tidak seimbang, kurang serat, tinggi lemak jenuh. Terlebih jika disertai dengan program diet yang tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh.
Beberapa pola aktivitas, pola hidup, dan pola makan yang tidak mendukung kesehatan tubuh dan jiwa tersebut menyebabkan tubuh dan pikiran menjadi rentan untuk menderita penyakit. Oleh karena itu, masyarakat biasanya mengambil jalan pintas untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi suplemen makanan yang banyak beredar di masyarakat.
Sebagai makanan suplemen, produk yang ditawarkan merupakan produk makanan kesehatan yang mengandung jenis vitamin atau mineral tertentu dengan takaran tertentu,.yang dapat dikonsumsi dengan tujuan untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh. Oleh karena itu, umumnya produk suplemen makanan tidak mencantumkan dosis konsumsi. Namun demikian, masyarakat harus tetap tahu bagaimana memilih suplemen makanan yang tepat dan mengonsumsinya dengan cara dan jumlah yang tepat.
Jika salah memilih dan mengonsumsi suplemen makanan, maka akan terjadi respon tubuh yang tidak baik, seperti melemahkan pencernaan akibat tidak membiasakan organ pencernaan mengonsumsi makanan sehat, atau bahkan justru menimbulkan obesitas.

Tip Memilih  Suplemen Makanan yang Tepat

Berikut adalah beberapa tip memilih suplemen makanan yang tepat, agar tubuh tetap sehat dan jiwa juga kuat:

1. Pilih produk suplemen makanan yang diproduksi oleh perusahaan terpercaya
Produsen merupakan faktor yang harus diperhatikan dalam memilih makanan suplemen yang tepat. Reputasi produsen yang baik akan menjaga kualitas suplemen makanan yang dihasilkan. 



Di antara beberapa suplemen makanan yang beredar di masyarakat, Sea-Quill merupakan suplemen makanan yang diproduksi oleh perusahaan terbesar di Amerika Serikat, yaitu yaitu Natures Product Inc., dengan fasilitas state-of-the-art di Florida, USA yang memiliki lahan seluas 130.000 meter persegi.

2. Pilih produk suplemen makanan yang memiliki legalitas hukum
Legalitas hukum berupa tanda registrasi produk dalam lembaga hukum harus diperhatikan oleh konusmen, agar masyarakat merasa aman dan nyaman dalam mengonsumsi suplemen makanan untuk menjaga dan memelihara kesehatan. Produk Sea-Quill merupakan produk yang legalitasnya telah diakui oleh negara Indonesia, karena telah mendapatkan Nomor Ijin Edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Republik Indonesia.
 
3. Pilih produk suplemen makanan yang berbahan baku berkualitas


Pemilihan bahan baku menjadi faktor penting, karena bahan baku yang berkualitas akan menghasilkan produk yang berkualitas. Sea-Quill merupakan makanan kesehatan yang diperoduksi dari bahan baku alami terbaik di seluruh dunia, di mana bahan bakunya dihasilkan dari sistem penanaman organic yang bebas pestisida, bebas pupuk kimia dan non-GMO (Genetically Modified Organisms). Bahan Gelatine pada produk-produk softgel dan capsule dibuat dari bahan asal hewan yaitu sapi, yang bersertifikat bebas penyakit sapi gila (BSE Free certificate) oleh pemasok yang juga memiliki sertifikat HALAL.

4. Pilih produk  suplemen makanan yang diolah dengan sistem quality control yang baik

Makanan suplemen yang diproduksi oleh produsen harus memenuhi standar kualitas, mulai dari pemilihan bahan baku, proses produksi, proses pengemasan, sampai penyimpanan. Produk Sea-Quill diproduksi di pabrik yang menggunakan teknologi tinggi yang memenuhi standar cGMP (curent Good Manufacturing Practice) dan memenuhi persyaratan regulasi NLEA (Nutrition Labeling and Education Act) dan DSHEA (Dietary Supplement Health and. Education Act). Seluruh fasilitas dilindungi dengan sistem kontrol cuaca yang terkomputerisasi. Demikian juga lingkungan pabrik semuanya dikontrol secara otomatis untuk menghindari cemaran fisik dan biologis. Setiap tahun semua fasilitas dan prosedur produksi dievaluasi oleh FDA (Food Drug Administration).

5. Pilih produk  suplemen makanan yang dididtribusikan dengan saluran distribusi yang handal
Toko Sea-Quill
Saluran distribusi menjadi faktor penting yang juga harus diperhatikan oleh masyarakat dalam memilih produk suplemen makanan kesehatan. Proses distribusi yang baik akan mendukung keandalan kualitas produk dari produsen sampai ke konsumen akhir.
Produk Sea-Quill telah dipasarkan di Indonesia sejak  tahun 1997.  Sebagai distributornya dipegang oleh CV Abad Dua Satu Makmur (ADSM), yang merupakan sebuah perusahaan yang telah berpengalaman sejak tahun 1990 dalam mendistribusikan dan memasarkan produk-produk makanan kesehatan dari USA ke ritel kesehatan modern dan tradisional di Indonesia.

Konsumsi dengan Jumlah dan Cara yang Tepat

Selain beberapa tip memilih suplemen makanan yang tepat di atas, hal yang tidak kalah penting dalam kaitannya dengan suplemen makanan adalah dosis atau jumlah konsumsi dan cara konsumsi. Sebagaimana telah dijelaskan di muka, meskipun suplemen makanan tidak memberikan dosis atau takaran tertentu, namun konsumen harus memahami bahwa fungsi suplemen makanan adalah sebagai pelengkap nutrisi yang terkandung dalam makanan utama. Jadi konsumsinya harus sesuai dengan kebutuhan.
Masyarakat harus tetap memahami bahwa organ pencernaan akan menjadi lemah jika hanya dimanjakan dengan suplemen makanan tanpa diiringi dengan makanan sehat semacam buah dan sayur segar. Karena itu, keseimbangan jumlah konsumsi suplemen makanan dengan konsumsi makanan sehat yang memenuhi unsur Empat Sehat Lima Sempurna harus tetap diperhatikan. Selain itu, konsumsi suplemen makanan yang berlebihan juga akan cenderung menimbulkan obesitas dan merusak prgram diet bagi yang tengah menjalankan diet.
Karena itu, setelah memilih suplemen makanan yang tepat dengan mengimplikasikan tips memilih suplemen makanan di muka, maka masyarakat selaku konsumen harus tetap bijaksana dalam menerapkan pola makan, pola hidup, dan pola aktivitas yang sehat.

Referensi tentang Sea-Quill:

Referensi gambar Sea-Quill:

4 komentar:

makanan kesehatan said...

Makanan kesehatan merupakan faktor penting guna menunjang impian hidup sehat dan bahagia. Pintar dalam hal memilih suplemen makanan sehat bagi keluarga penting diperhatikan untuk menjaga agar kondisi kesehatan tetap prima.

Lukman Oim said...

ini.. tips dari mbak Elis yang bagus tentang memilih suplemen makanan yang tepat.
mantapp.!!

elis shofiyatin said...

Terimakasih bro Lukman ... semoga tipsnya bermanfaat ....

Yuni Andriyani said...

sangat menarik, padat dan berisi....gut lak ya....

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates