March 2, 2015

Pencitraan Begal (Begal dalam Media)

Surabaya, CocoNotes - Akhir-akhir ini, istilah begal tiba-tiba mengemuka. Sosok profesi yang sebenarnya dari dulu memang sudah ada dan memang menakutkan, tiba-tiba menjadi sosok yang banyak disebut oleh media. Beranda sosial media semacam facebook dan twitter pun mulai dipenuhi dengan status share berita mengenai begal. (lihat saja di sini dan di sini)
Salah Satu Gambar dari Beranda Facebook
Dan, begal telah terblow up sedemikian rupa sebagai sosok yang menjadi pusat perbincangan media. Menutup isu-isu lain yang bisa jadi lebih krusial dan lebih berhubungan dengan ranah kepentingan publik.
Berita tentang begal saat ini serupa dengan berita tentang penangkapan 'teroris' ala media yang biasanya juga diberitakan ketika ada isu yang ingin dialihkan. 

Pengalaman media dalam proses pencitraan calon yang akan ditokohkan, rupanya diimplementasikan dalam pencitraan begal dan pembegalan. Dan, masyarakat pun mulai resah dan reseh dengan berita tentang begal. Bahkan sinetron televisi pun menyangkutpautkan ceritanya dengan begal dan pembegalan ini.

Mungkin terlalu naif untuk suudhon dengan pemberitaan dan pencitraan media terhadap begal dan pembegalan. Tetapi, pengalaman proses pencitraan yang selama ini dilakukan melalui setting dan konstruksi realitas media selama ini memang seperti itulah adanya ....

3 komentar:

abdul said...

memang mas begal sekarang ini semakin marak di mana, sehingga saya pun jadi was-was kalau pulang malam

elis shofiyatin said...

Sebenarnya begal, rampok sudah ada sejak dulu juga Mas. Hanya saja tidak terblow up media seperti ini .... Jikalaupun memang begal hanya muncul akhir2 ini, harusnya yg jadi pertanyaan mengapa akhir2 ini banyak muncul begal ....apakah sudah sedemikian rawannya negeri ini sekarang?

jelly said...

boro - b oro mobil gan , kapal juga ada yang di begal..hehehe

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates