November 21, 2013

Saatnya Buruh Demo dengan Cara Cerdas

Surabaya, CocoNotes - Merasa mendapat empati dan simpati dari banyak pihak, dan merasa bahwa demo yang selama ini dilakukan membawa dampak terhadap kenaikan upah buruh, akhir-akhir ini buruh menjadi sering melakukan demonstrasi. Sebut saja demo buruh nasional bulan beberapa minggu kemarin, dan demo buruh Jawa Timur pada 20 November 2013 di Grahadi, yang diikuti dengan ancaman mau menginap di Grahadi jika tuntutannya tidak segera diwujudkan. Demo buruh kali ini memang dilakukan dalam rangka menagih janji gubernur untuk menetapkan dan menandatangani kenaikan upah. 
JL Basuki Rahmat yang di blokade oleh massa buruh, 20/11/2013. Foto: Deddy Wiyudhayana via e100.
Demo buruh memang bisa menjadi cara jitu untuk menyampaikan inspirasi secara massal. Istilahnya itu adalah taktik agar inspirasinya segera diperhatikan. Dan, hal ini memang terwujud dengan dinaikkannya upah munimum kabupaten yang ditandatangani oleh Gubernur.

Daftar upah minimum kabupaten/kota (UMK 2914) (sumber: SSFM)
Kenaikan UMK 2014 tersebut sebenarnya bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan standar hidup kaum buruh, karena kenaikan upah buruh pasti akan diikuti kenaikan harga kebutuhan pokok lainnya. Di mana ujung-ujungnya adalah tuntutan buruh lagi terhadap kenaikan upah minimum agar bisa memenuhi standar hidup layak. Sehingga hal ini akan menjadi blunder. (baca juga: Ketika UMR dinaikkan=Peningkatan Kesejahteraan Karyawan?)
Bukan hanya itu, dengan adanya tindakan anarkis yang kadang (dan cenderung begitu) dalam berdemo, akhirnya beberapa pihak menjadi tidak simpati lagi pada para buruh. Terlebih, demo buruh seringkali (dan cenderung selalu) menimbulkan kecemasan pihak lain akibat kemacetan jalan yang ditimbulkan. Pihak keamanan, terutama kepolisian harus sibuk mengalihkan aliran lalu lintas di kota agar masyarakat lain yang tuidak turut berdemo tetap mendapatkan haknya untuk melalui jalan dengan layak. Tanpa harus terjebak kemacetan lalu lintas. Jika sudah demikian, maka banyak pihak yang mulai jengah begitu mendengar ada acara buruh akan melakukan demo. 

Salah satu thread di facebook yang berisi komentar tentang buruh demo (sumber: SSFM)
Thread di atas hanya berasal dari satu thread saja dan masih ada beberapa thread yang menunjukkan bahwa masyarakat sudah mulai terganggu dengan aksi demo atau unjuk rasa yang dilakukan oleh para buruh. Nah, sudah saatnya para buruh berpikir cerdas dalam menyalurkan inspirasinya. Demo cerdas untuk menuntut hak mereka tanpa mengabaikan hak orang lain.

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates