November 22, 2013

Jakarta oh Jakarta: Ya Banjir, Ya Kebakaran

Surabaya, CocoNotes - Melihat berita di televisi tentang banjir Jakarta tidak mengagetkan bagi pemirsa, karena begitu diguyur gerimis, Jakarta akan langsung gelagepan (terengah-engah di tengah air) akibat banjir. Yups, Jakarta memang benar-benar kota metropolian. Segala jenis gambaran kehidupan terpampang dari sana untuk menjadi pelajaran dan suguhan. Betapa tidak, permasalahan kehidupan yang sangat kompleks bisa dihadirkan oleh Ibukota Negara ini. Mulai dari padatnya kendaraan yang menimbulkan kemacetan lalu lintas, banjir di musim hujan, kekurangan air di musim kemarau, ambrolnya jalan raya, kebakara, hingga masalah pemukiman, pengemis, dan gelandangan, serta ragam tindak kejahatan, mulai kejahatan fisik sampai kejahatan politik.
Yang terdengar lucu tapi nyata dalam berita kali ini adalah adanya kebakaran di tengah kebanjiran. Bisa dibayangkan, di saat air tengah menggenang di sekitarnya dan masih bisa terjadi kebakaran adalah peristiwa yang bertolak belakang. Bukankah api akan sulit menyala dalam genangan air? Tapi itulah Jakarta.
Banjir Jakarta sendiri telah dianggap sebagai banjir langganan, sehingga telah menjadi pengalaman dan pembelajaran bagi warganya. Tahun ini misalnya, meskipun kebanjiran, banyak warga yang masih enggan untuk mengungsi. Jika di bulan November 2013 ini Jakarta mengalami banjir setinggi 30-100 cm maka bagi warga hal itu dianggap sudah biasa, karena sudah langganan dan sudah pernah mengalami banjir yang lebih parah lagi sebagaimana yang terjadi pada tahun 2012 kemarin.




Yupps, banjir jakarta memang telah menjadi langganan bagi warganya. Penyebabnya pun sudah diketahui, yaitu banjir kiriman dari Bogor dan hujan deras yang tidak mampu diresap oleh lahan di Jakarta. Itulah mengapa, meskipun banjir warga tetap beraktivitas seperti biasa karena sudah terbiasa terkena banjir. Dan sebenarnya, pemerintah juga telah mengeluarkan solusi untuk mengatasi banjir, yaitu melalui pembuatan sumur resapan, normalisasi kawasan pemukiman, dan lain-lain.

Sumber Gambar: Kumpulan Berita Banjir Harian Merdeka.com

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates