July 18, 2014

Ramadhan 1435 H: Bulan Juli yang Penuh Peristiwa

Pic. Social Media Picture
Surabaya, CocoNotes - Bulan Ramadhan, merupakan bulan yang dinanti dan dirindu oleh setiap ummat Islam. Di manapun, dan usia berapapun. Sejak bulan Rajab datang, doa dan harap yang dilantunkan adalah menjumpai bulan Ramadhan.

Tahun 2014 ini, Bulan Ramadhan jauh pada 28/29 Juni sampai 28 Juli 2014. Bulan yang penuh dengan peristiwa, menguji kebijakan ummat Islam dalam menghadapi dan menyikapi setiap peristiwa, agar setiap peristiwa tersebut menjadi pelajaran dan hikmah.

Peristiwa heboh yang cukup menyita publik adalah pemilihan presiden atau pilpres 2014. Kampanye dan upaya dukung mendukung Capres-Cawapres menjadi ajang lahirnya isu, cela-mencela, black campaign (kampanye hitam). Ramblings, mumbling, gossips, propaganda, desas-desus, isu negatif, terlontar online maupun offline. media, mulai media penyiaran, percetakan, media sosial pun menjadi ajang kasak-kusuk, saling cela, saling dukung, saling olok, baik dalam bentuk kata-kata maupun gambar, meme, hingga karikatur dan sebagainya.

Selain bersamaan dengan Pilpres 2014, Ramadhan ini pun bersamaan dengan perisiwa besar dunia, yang diselenggarakan oleh FIFA, Event Piala Dunia (World Cup) di Brazil yang penuh eksotika dan romantika kemenangan Jerman dan kekalahan Argentina. Kekalahan Brazil di kandang sendiri pun menjadi berita yang menusuk hati masyarakat Brazil.

Belum selesai keriuhan media mengenai Pilpres, quick count, real count, gegap gempita Piala Dunia di Brazil, dan sebagainya. Peristiwa yang menghebohkan dunia dan memerihkan hati ummat manusia dan khususnya ummat Islam di seluruh dunia pun datang. Terjadi penyerangan Israel terhadap Rakyat Palestina di Gaza. Dan, ramailah doa, tangis, harap, celaan terhadap Israel di sekian jenis media. Gambar derita rakyat Palestina, anak-anak, serta semangat rakyat Palestina pun bermunculan di media. Mengetuk dan membuka mata, mengajarkan seluruh ummat bagaimana harus menyikapi hidup dan kehidupan.

Peristiwa yang cukup memeriahkan dan menggemparkan dunia sekaligus tersebut masih belum berakhir. Menjelang sepuluh hari ketiga bulan Ramadhan, kabar memilukan pun datang lagi. Pesawat Malaysia Airlines MH17 dikabarkan terjatuh di Ukraina akibat tertembak rudal. Pesawat berpenumpang 295 orang tersebut harus hangus dan memberi duka mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan, dan juga hati-hati anak manusia di penjuru dunia. Betapa tidak, pesawat yang merupakan sarana transportasi publik, yang tidak seharusnya menjadi korban, harus dikorbankan oleh tembakan rudal .... entah ada kesengajaan atau tidak ....

Dan, kembali, tangis pilu, pedih dan redam pun mengisi hati ummat manusia di dunia. Ragam peristiwa selama Ramadhan 1345 H pemberi hikmah, tergantung bagaimana menyikapi, menghadapi, dan memetiknya ......

1 komentar:

liairna said...

bulan juli emang penuh dengan kejadian2 besar gan :)

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. CocoNotes - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates